tomat-buah-merah

Tomat Sebagai Pelindung dari Matahari

Share Button

Manfaat Tomat Bagi Kulit

Lupakan krim kulit mahal, tomat dapat memberikan perlindungan terbaik bagi kulit, agar terlihat muda dan aman dari kerusakan akibat sinar matahari (UV). Sebuah penelitian membuktikan bahwa memakan tomat dapat membantu melindungi kulit terbakar dan penuaan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari (UV).

Makan Tomat Membantu Merawat dan Melindungi Kulit Terbakar

Profesor Mark Birch-Machin dari Newcastle University meberikan rincian penelitian tentang orang-orang yang rutin memakan tomat.

Dalam studi tersebut, perempuan yang memakan tomat olahan (cth: saus tomat, pasta tomat, dll) mengalami peningkatan perlindungan kulit, seperti penurunan kemerahan kulit dan kerusakan DNA akibat sinar ultraviolet (UV).

Peneliti membandingkan 20 kulit wanita, setengah dari mereka diberi lima sendok makan (55gr) pasta tomat dan 10gr minyak zaitun setiap hari selama 12 minggu.

Para peneliti menemukan peningkatan yang signifikan pada kemampuan kulit untuk melindungi diri terhadap UV lebih besar 1/3 kali dibandingkan mereka yang hanya mengonsumsi minyak zaitun.

Lycopene pada Tomat Membantu Mengatasi Penuaan dan Kanker Kulit

Lycopene adalah antioksidan kuat, yang dapat mengurangi respon inflamasi (respon sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi dan iritasi) terhadap kerusakan UV oleh molekul berbahaya yang diproduksi kulit.

Kerusakan akibat sinar matahari dari paparan sinar UV termasuk keriput dini dan kanker kulit.

Tingkat tertinggi lycopene ditemukan dalam tomat olahan yang digunakan dalam saus tomat, sup dan jus yang lebih mudah diserap ke dalam tubuh.

Menurut  Dr. Mridula Chopra dari University of Portsmouth menunjukkan bahwa tomat yang dimasak dapat mencegah pertumbuhan kanker atau bahkan membunuh sel-sel kanker prostat.

Dr Chopra menunjukkan bahwa lycopene menghambat perkembangan baris kanker prostat.

 

Sumber Foto : http://kumpulanfotogratis.com/

Share Button

Republished by Blog Post Promoter