Menyikat Gigi

Tips Menyikat Gigi

Share Button

Menyikat gigi minimal sehabis makan dan sebelum tidur adalah kunci mendapatkan gigi sehat dan putih. Gigi yang terawat dan indah juga menjadi kunci percaya diri seseorang ketika berbicara dengan orang lain. Mendapatkan mulut wangi secara instan dengan memakan permen bukan hal yang tepat.

Namun, tidak banyak yang tahu, ada banyak hal yang perlu diperhatikan ketika kita menyikat gigi. Mulai dari pilihan sikatnya, cara menyikat, dan lain-lain. Agar gigi tidak cepat rusak dan keropos, selain mengunjungi dokter setiap 6 bulan sekali, mari kita perhatikan tips-tips berikut ini.

1. Memilih Peralatan yang Tepat

Untuk menyikat gigi dengan benar, perlu diperhatikan peralatan yang tepat juga. Sikat gigi harus dipilih sesuai kebutuhan kita dan struktur gigi kita. Pilih bulu sikat yang halus agar lebih mudah membersihkan sela gigi dan tidak merusak gusi.

Begitu halnya dengan pasta gigi. Seperti kita ketahui banyak sekali pilihan jenis pasta gigi yang dijual di pasaran. Pilihlah yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan. Terutama bagi penderita gigi sensitif, tidak boleh sembarangan memilih pasta gigi agar ngilu yang terasa digigi tidak cepat kambuh. Jangan lupa memilih pasta gigi yang mengandung floride. Floride akan melapisi dan melindungi gigi kita dari bakteri dan memperkuat enamel gigi.

2. Lama Menyikat

Menyikat gigi terlalu sering dan terlalu lama ternyata bukan cara yang tepat. Gosok gigi minimal 2 menit dan 2 kali sehari, terutama sebelum tidur. Tapi sebaiknya kita selalu menyikat gigi setelah makan dan sebelum tidur, jadi total kita menyikat gigi setidaknya 4 kali sehari. Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa bakteri dalam mulut berkembang biak pada malam hari. Oleh sebab itu, pencegahan resiko bakteri ini adalah dengan menyikat gigi sebelum tidur.

3. Sudut Menyikat Gigi

Tips selanjutnya adalah cara memegang sikat gigi dengan benar. Sudut yang paling tepat adalah 45 derajat ke arah dalam dan di daerah antara gigi dengan gusi. Jika salah memegang bisa saja kita malah melukai gusi kita sendiri.

4. Arah Menyikat

Arah atau pola ketika menyikat juga memberi dampak bagi kebersihan gigi. Sebaiknya sikat gigi paling belakang yaitu geraham terlebih dahulu ke arah depan sampai sekitar 3 sampai empat gigi didepannya. Jangan menggosok maju mundur, tapi gunakan pola menyikat yang membentuk lingkaran atau memutar. Selanjutnya sikat gigi bagian depan ke atas dan bawah. Dan yang terakhir menyikat bagian dalam gigi ke arah luar.

5. Bersihkan Lidah

Lidah yang tidak bersih menjadi salah satu penyebab mulut bau. Dengan sikat gigi yang sama kita juga bisa membersihkan lidah. Sikatlah gigi, lidah, kemudian diakhiri dengan berkumur menggunakan mouthwash.

 

Sumber Foto: kumpulanfotogratis.com

Share Button

Republished by Blog Post Promoter