Tips Menurunkan Kolesterol Tinggi

Tips Menurunkan Kolesterol Tinggi

Share Button

Saat mendengar kata kolesterol, maka yang terlintas dalam benak kita adalah efek negatif yang dihasilkan bagi kesehatan, bahkan dapat menimbulkan kematian. Pemahaman tersebut membuat sebagian orang merasa takut dan menganggap kolesterol sebagai zat yang berbahaya dan harus dihindarkan dari tubuh. Sebenarnya, tubuh kita juga membutuhkan kolesterol, akan tetapi dengan kadar yang tepat. Namun, apabila kadar kolesterol dalam tubuh berlebihan, maka dapat menyebabkan gangguan kesehatan, seperti penyakit jantung, stroke, gagal ginjal, hipertensi, batu empedu, dan lain-lain. Untuk mengatasi masalah kelebihan kolesterol, Anda wajib mengetahui tips menurunkan kolesterol tinggi.

Anda pasti bertanya, bagaimanakah cara mengetahui kadar kolesterol dalam tubuh? Anda bisa melakukan tes pemeriksaan kadar kolesterol darah secara berkala.  Pemeriksaan ini sangat berguna untuk mengetahui seberapa besar kadar kolesterol yang beredar dalam darah sehingga tindakan pencegahan terhadap munculnya penyakit degeneratif dapat dilakukan segera. Lalu, apa yang harus dilakukan jika pemeriksaan menunjukkan bahwa kadar kolesterol dalam tubuh Anda berlebihan? Untuk mengatasinya, simak tips menurunkan kolesterol tinggi berikut ini:

  • Atur pola makan yang sehat dan seimbang, seperti kecukupan karbohidrat, vitamin, mineral, lemak, protein.
  • Olahraga secara teratur dan perbanyak aktivitas fisik agar terjadi pembakaran lemak tubuh. Lakukan olahraga ringan, minimal jalan kaki keliling komplek selama 30 menit sehari. Olah raga dapat membantu tubuh memerangi kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.
  • Pertahankan berat badan yang ideal dan hindari makan berlebihan yang dapat menyebabkan obesitas.
  • Hindari pola hidup tidak sehat, seperti merokok, minuman alkhohol, minuman bersoda, kafein, dan lain-lain, karena semua itu dapat menurunkan kadar kolesterol baik dan meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.
  • Perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya serat dan mengandung fitosterol karena makanan tinggi serat dapat menghambat penyerapan kolesterol dalam usus. Beberapa makanan yang mengandung serat tinggi dan fitosterol adalah : pisang, anggur, apel, kedelai, buncis, wortel, brokoli, gandum, beras merah, dan lain-lain.
  • Hindari makanan yang mengandung lemak dan kaya kolesterol, seperti : hot dog, burger, sosis, dan makanan cepat saji lainnya.
  • Batasi konsumsi susu dan beberapa produk olahannya
  • Batasi konsumsi makanan yang diolah dengan cara digoreng, usahakan mengolah makanan dengan cara direbus, dipanggang, dan dibakar.

Semoga informasi tentang tips menurunkan kolesterol tinggi diatas dapat bermanfaat bagi Anda semua.

Share Button

Republished by Blog Post Promoter