Tips Menurunkan Berat Badan

Tips Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Share Button

Sekeras apapun usaha Anda untuk melakukan program diet tanpa melakukan prosedur yang jelas tidak akan memberikan hasil yang maksimal. Brikut kami sajikan tips menurunkan badan secara alami.

  • Sayur dan Tomat di atas garpuHindari Lemak dan kurangi asupan karbohidrat. Karbohidrat juga diperlukan untuk tubuh sebagai sumber energi, jadi jangan menghilangkan asupan karbohidrat dalam menu makan anda.
  • Kurangi gula dalam minuman anda. Minuman bersoda atau soft drinkĀ mengandung kadar gula yang tinggi, berhentilah untuk mengkonsumsi soft drink. Biasakan diri untuk minum air mineral walaupun anda sedang berada di luar. Minumlah air putih 8 gelas setiap hari untuk menurunkan berat badan anda.
  • Makan minimal tiga kali sehari. Jangan mengurangi frekuensi makan anda kurang dari tiga kali kerena justru akan menghambat metabolisme. Penurunan metabolisme semakin membuat anda sulit menurunkan berat badan. Tetaplah mengkonsumsi makanan tiga kali sehari, namun dalam porsi yang kecil, makan sering namun teratur lebih baik daripada makan tidak beraturan dan dalam porsi banyak.
  • Makanlah paling akhir tiga jam sebelum tidur. Makan dalam rentang waktu mendekati jam tidur akan menyebabkan makanan anda tidak dicerna secara sempurna. Akibatnya penumpukan lemak anda akan meningkat. Jika dalam rentang waktu itu anda merasa lapar, lebih baik mengkonsumsi susu low fatĀ atau makanan nutrisi yang rendah kalori.
  • Latihan kardio seperti lari, renang, treadmill, atau aerobik secara teratur. Olahraga ini sangat efektif untuk membakar lemak dan mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan.
  • Kurangi makan gorengan. Gantilah makanan yang disajikan dengan cara dikukus, direbus, dipanggang, atau dibakar. Namun terkadang ada juga ikan atau ayam bakar yang diolesi minyak, jadi tetap hindari juga makanan ini.
  • Berolahragalah di pagi hari. Berolah raga di pagi hari sangatlah efektif karena pada waktu itu perut masih kosong dan pembakaran kalori akan difokuskan pada cadangan lemak anda saja. Lakukan olah raga dengan intensitas yang kecil, kemudian perlahan dinaikkan.

[wbdsbanner id=’NSText’]

  • Pilihlah untuk berjalan kaki jika jarak yang ditempuh tidak terlalu jauh. Saat di kantor selalu gunakan tangga jika hanya ingin turun satu atau dua lantai saja. Olahraga kecil ini akan bermanfaat untuk menurunkan berat badan anda jika dilakukan rutin setiap hari.
  • Hindari makan di restoran. Hal ini akan menyebabkan anda semakin tergugak untuk makan lebih banyak karena variasi menu yang disajikan. Jika terpaksa pilihlah makanan dalam pori kecil dan ditemani dengan salad.
  • Istirahatlah secara cukup. Waktu istirahat yang baik adalah 6-8 jam perhari. Tidur berlebih akan menyebabkan anda menjadi malas dan meningkatkan resiko kematian.
  • Nikmatilah program diet anda. Aturlah diet anda menjadi senyaman dan semenyenangkan mungkin, ubahlah mindset anda jika hidup sehat itu susah. Dengan menjadikan diet anda menyenangkan, maka keberhasilan diet anda akan menjadi semakin besar.

Sumber Foto : www.qualitystockphotos.com

Share Button