pasta salad

Tips Mengelola Pola Makan Dalam Seminggu

Share Button


pasta salad
Bagaimana cara membuat pola makan sehat itu mudah bagi anda? Yaitu dengan merencanakan, menjadwalkan, dan mempermudah diri anda untuk makan dengan benar. Dengan mengaturnya sedemikian rupa akan lebih mudah untuk anda berkomitmen dalam malakukannya.

Berikut beberapa hal yang dapat anda lakukan:

Tatalah Dapur Anda Menjadi Sehat

Jika yang tersedia di dapur anda hanya makanan sehat tentunya tidak ada pilihan lain bagi anda untuk tidak mengkonsumsi makanan sehat tersebut. Luangkan waktu anda untuk membersihkan dapur dan lemari es dari barang- barang yang tidak berguna, makanan tidak sehat, dan makanan yang belum anda makan, sediakan tempat untuk makanan baru, lalu isi dengan makanan-makanan sehat yang bisa anda konsumi di jam makan anda.

Rencanakan Jadwal Belanja Anda

Tips mengelola pola makan dalam seminggu dengan cara merencanakan dan menuliskan daftar belanjaan anda di kertas. Lalu pilihlah satu hari untuk berbelanja agar anda dapat membeli semua barang belanjaan anda dengan lengkap sesuai daftar.

Jangan pernah berpikir bahwa untuk mengkonsumsi makanan sehat memerlukan biaya ekstra. Beberapa kilogram buah-buahan dan beberapa ikat sayuran untuk persediaan seminggu jauh lebih murah dibandingkan satu kali makan makanan siap saji. Jika ada promo anda bisa membeli makanan sehat tersebut dengan harga yang lebih murah. Jadi jangan takut uang anda akan habis hanya untuk kesehatan anda. Jika anda takut tergiur dengan tawaran dan promo dari toko atau supermarket yang dapat menggangu usaha anda untuk mengkonsumsi makanan sehat, anda bisa memilih untuk berbelanja online, selain itu anda bisa menghemat waktu untuk pergi ke supermarket.

Buatlah Rencana Menu Anda dalam Seminggu

Simpanlah bahan makanan yang bisa tahan lama untuk akhir pekan dan ketika anda mempunyai waktu lebih untuk mencoba resep-resep baru. Rencanakan menu-menu apa saja yang ingin anda buat dalam seminggu ke depan, sehingga memudahkan anda untuk membuat daftar belanja anda, hal ini juga dapat menghemat waktu anda untuk menyajikan makanan lebih kurang 30 menit, maka dari itu tidak ada alasan bahwa membuat makanan sehat itu ribet dan lama. Dengan membuat rencana menu tersebut,  anda akan dapat memanfaatkan seluruh belanjaan anda tanpa harus membuang sayuran yang sudah layu atau buah yang sudah busuk di akhir minggu anda. sangat efektif bukan?

Pilihlah menu-menu utama yang sehat dan mudah dibuat dan tidak memakan waktu lama agar tidak terlalu mengganggu waktu sibuk anda. Anda juga dapat melakukan hal-hal ini untuk menghemat waktu anda seperti dengan menggunakan sayur-sayuran untuk salad yang sudah dicuci sebelumnya atau sayuran beku yang sudah dipotong ketika anda tidak mempunyai waktu untuk menyiapkan bahan makanan untuk beberapa hidangan dan membekukannya di freezer untuk hidangan selanjutnya. Sayuran beku sama bergizinya dengan sayuran segar dan bisa membuat pencernaan anda lebih lancar. Sayuran beku pun bisa anda jadikan pilihan ketika anda sudah kehabisan produk segar yang lainnya.

Masaklah Bahan Makanan dengan Cara yang Sehat

Hindari cara memasak dengan menggoreng yang akan mengurangi kandungan nutrisi di makanan anda dan memproduksi lemak jenuh. Gantilah dengan mengukus, merebus, atau menumis dengan olive oil atau minyak ikan dalam wajan dan panci antilengket. Makanlah makanan yang dibuat dengan cara yang sehat.

Usahakan untuk Makan Walaupun Saat Dalam Perjalanan

Belilah makanan sehat dalam kemasan satu kali makan seperti yogurt atau outmeal yang dapat anda konsumsi ketika anda harus makan di saat dalam perjalanan dan sediakan pula makanan cemilan sehat saat anda sedang dalam jam kerja di kantor, bisa juga dengan meminum Nutrishake dari Oriflame yang dapat mengenyangkan perut.

Konsumsi buah dan sayur

Makanlah sayur dan buah minimal 5 porsi perhari dengan variasi yang berbeda setiap hari dalam satu minggu. Sayur dan buah sangat bermanfaat untuk tubuh karena mengandung banyak vitamin untuk daya tahan tubuh, mineral untuk mencegah dehidrasi, dan antioksidan untuk anti penuaan dan melawan radikal bebas dari lingkungan. Perhatikanlah pula cara anda menyajikannya, jangan sampai anda justru menghilangkan seluruh nutrisi-nutrisi ini dengan menggorengnya atau menumisnya terlalu lama. Jika anda bukan orang yang suka memakan sayuran, cobalah resep-resep atau ide-ide lain untuk menginovasi hasil masakan yang lezat seperti dengan mencampurkannya dengan yogurt atau buah, atau mencampurnya dengan saus rendah lemak. Letakkan buah dan sayuran dalam tempat yang menarik untuk membuat anda tertarik untuk memakannya. Sediakan waktu anda sedikit untuk kesehatan anda. Tidak ada yang sia-sia ketika anda berusaha untuk berubah. Selamat mencoba.

Share Button