Gambar Wanita Melalkukan Pemanasan

Tips Mengatasi Nyeri Saat Haid

Share Button

Haid atau datang bulan ditandai dengan gejala Premenstrual Syndrome (PMS). Gejala ini biasanya muncul satu atau dua minggu sebelum haid dan dapat berlanjut sampai beberapa hari setelah haid selesai. Gejalanya beragam seperti sakit kepala, nyeri, kram, depresi, lelah, dan payudara bengkak. Tips dibawah dapat dilakukan untuk meredakan rasa nyeri.

 1. Berolahraga

Melakukan stretching atau berjalan dapat meredakan rasa nyeri ketika haid. Dengan stretching atau melakukan pemanasan otot-otot disekitar perut sampai kaki akan lebih rileks. Rasa nyeri juga dapat berkurang karena otot tidak tegang.

2. Tidur

Tubuh akan memproduksi endorfin lebih banyak ketika kita dalam keadaan tidur. Endorfin sendiri merupakan sistem tubuh yang bekerja sebagai penghilang rasa sakit alami dalam tubuh. Dengannya rasa sakit saat haid dapat berkurang.

3. Mandi Air Hangat

Saat rasa nyeri datang lagi, segeralah masak air hangat dan siapkan bathub untuk berendam. Air hangat akan membuat tubuh lebih rileks dan otot tidak kaku lagi.

4. Pijat

Pijatan lembut dapat dilakukan di perut bagian bawah. Lakukan ini ketika nyeri masih terasa ringan. Pijatan akan membuat aliran darah lancar dan melemaskan otot.

5. Sibukkan Diri

Kesibukkan dapat membuat kita sejenak lupa akan rasa sakit. Kesibukkan disini tidak harus bekerja, ya. Bisa juga dengan mendengarkan musik, membaca buku, menonton TV, atau hal menyenangkan lainnya.

 

Sumber Foto : http://kumpulanfotogratis.com/

Share Button

Republished by Blog Post Promoter