foto pria berketombe

Tips Mengatasi Ketombe

Share Button

Rambut berketombe, kepala gatal, dan kulit kepala kering adalah masalah utama orang Indonesia. Iklim yang sangat panas di siang hari membuat kulit kepala menjadi rusak. Ketombe sebenarnya adalah kulit kepala yang terkelupas lebih cepat dari waktu normal, biasanya karena kering, luka, atau debu yang menggumpal. Kumpulan kulit mati ini yang kemudian menjadi ketombe.

Penyebab ketombe ada beragam mulai dari kulit kepala berminyak, jamur, keringat, dan juga cuaca. Salah memilih shampo juga bisa membuat kulit kepala rusak. Ada baiknya kita mencoba beberapa cara sederhana sebelum menghamburkan banyak uang untuk perawatan rambut dan kulit kepala.

1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa atau virgin coconut oil (VCO) selain dapat digunakan untuk perawatan kulit wajah dan tubuh, juga dapat digunakan untuk kulit kepala. VCO kaya akan vitamin E dan asam lemak yang dapat menghilangkan ketombe. Caranya juga terbilang mudah, kita hanya perlu memakainya di kepala dengan cara dipijat ringan sampai ke kulit kepala. Waktu yang paling tepat adalah sebelum tidur. Jangan lupa untuk membilasnya dengan air jika sudah terasa cukup.

2. Racikan Santan Kelapa, Nanas, dan Jeruk Nipis

Masih dari salah satu bahan yang sama yaitu kelapa. Namun, kali ini kita gunakan santan dari setengah kelapa dicampur dengan satu gelas nanas yang sudah diblender, plus perasan satu buah jeruk nipis ditambah satu gelas air kelapa.

3. Garam

Garam dikenal mampu mempercepat pengobatan luka pada kulit, termasuk kulit kepala. Garam yang digunakan tidak perlu terlalu banyak, secukupnya saja dan caranya adalah digunakan untuk mencuci rambut sebelum menggunakan shampo. Pemakaiannya juga terbatas jika ada luka di kulit kepala, biasanya akibat kepala terbentur atau menggaruk terlalu keras. Setelah dirasa cukup, kita dapat membilasnya menggunakan shampo.

4. Campuran Jeruk Nipis dan Lemon

Khasiat jeruk nipis untuk menyehatkan rambut sudah dikenal banyak orang, namun siapa sangka bahwa jeruk nipis juga mampu memberantas ketombe. Tambahan lemon akan semakin menambah efeknya. Jika Anda pernah menggunakan lidah buaya untuk kepala atau hair tonic makan cara penggunaannya tidak jauh berbeda. Hanya perlu dipijat kemudia di bilas dengan air hingga bersih.

5. Cuka Putih

Cuka putih diyakini sangat baik untuk menghilangkan ketombe. Campurkan secangkir air dengan secangkir cuka putih, lalu dipijatkan ke kepala sehabis keramas adalah cara yang tepat. Jangan lupa dibilas sampai bersih setelah beberapa menit.

Sumber Foto :http://KumpulanFotoGratis.com/

Share Button