Kepiting

Tips Membersihkan Kepiting

Share Button

Banyak yang menyukai kepiting sebagai santapan yang lezat dan eksotis. Dagingnya yang gurih dan lezat menjadi daya tarik utama makanan ini. Akan tetapi jarang yang mengetahui cara membersihkan kepiting sebelum menjadi santapan yang eksotis.

Ada beberapa tahap membersihkannya dan harus ekstra hati-hati jangan sampai tangan kita yang  jadi santapannya.

  1. Setiap kepiting dijual dalam keadaan terikat, jangan lepas dulu ikatannya.
  2. Jangan pernah memegang bagian depan kepiting (walaupun sedang terikat), peganglah bagian belakang atau “pantat” kepiting.
  3. Pastikan kedua capit kepiting dalam keadaan terikat kuat. Kemudian, balik badan kepiting dan carilah bagian yang berbentuk segitiga di bawah badannya. Tusuk dan belah bagian segitiga ini agar kepiting mati. Di dalamnya biasanya terdapat pasir dan kotoran lain yang kemungkinan bisa membuat Anda keracunan.
  4. Jika masih takut untuk mematikan kepiting ini, siapkan sebuah wadah berisi air dan es batu, kemudian masukkan kepiting ke dalamnya sampai kepiting tak bergerak. Kemudian bersihkan seperti biasa.
  5. Bersihkan bagian dalam kepiting seperti usus yang berupa seutas benang hitam yang menghubungkan lambung dengan pusar kepiting. Buang juga papan segi enam atau hati kepiting
  6. Lepaskan ikatan kepiting, sebelumnya pastikan kepiting sudah mati.
  7. Remukkan sedikit bagian capit agar mudah saat menyantap . Kepiting siap untuk dimasak sesuai selera.
  8. Untuk kepiting rebus pastikan memberikan sedikit arang pada air rebusan untuk menghilangkan racun yang mungkin termakan oleh kepiting.
  9. Untuk menggoreng gunakan minyak yang agak banyak dan bagi kepiting menjadi 3 bagian (tempurung , badan dibagi 2).

Voila, kepiting pun sudah siap dimasak. Mulai sekarang kita tidak perlu ragu untuk mengolah kepiting menjadi makanan eksotis sendiri.

 

Sumber foto : http://www.sxc.hu/

Share Button

Republished by Blog Post Promoter