hujan

Tips Cegah Sakit Saat Musim Hujan

Share Button

“Tik tik tik… bunyi hujan, di atas genting…”

Musim hujan ternyata masih belum berganti sampai sekarang. Padahal dahulu, musim hujan identik dengan bulan yang berakhiran “-ber” saja seperti September, Oktober, November, dan Desember. Otomatis bahaya musim hujan seperti penyakit flu dan demam punya waktu lebih panjang untuk menyerang tubuh kita.

Mungkin hal paling mudah yang dapat kita lakukan adalah secepat mungkin pergi ke tempat teduh untuk menghindari hujan. Ya, hal tersebut memang bisa menghindari kita dari hujan, namun resiko untuk terkena penyakit masih tinggi.

Memang sampai sekarang penyebab awal datangnya virus flu ke tubuh kita masih belum diketahui. Daya tahan tubuh pun sering menurun pada musim hujan seperti ini, ditambah lagi cuaca yang kadang tidak menentu, pada siang udara panas dan sorenya langsung hujan deras. Namun kita tetap bisa mencegah datangnya flu dengan melakukan beberapa tips berikut ini.

Sebisa mungkin, tidur tepat waktu. Tidur akan mengembalikan kondisi tubuh dan memulihkan stamina. Tidur juga bisa menghilangkan stres. Tidur juga akan memperbaiki sistem kekebalan tubuh Anda. Karena itu, pastikan Anda memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat di malam hari.

1. Sedia Payung Sebelum Hujan

Yap, pepatah ini adalah salah satu senjata utama menghindari resiko terserang penyakit pada musim hujan. Tapi tentu tidak hanya payung, bagi pengendara motor dan anak-anak menggunakan jas hujan akan lebih baik, karena mampu menutup seluruh bagian tubuh. Jika ingin lebih baik kita juga bisa memakai boots atau sepatu tahan air.

2. Selalu Sedia Vitamin C

Vitamin C adalah vitamin paling baik untuk menjaga metabolisme tubuh. Ingat, virus flu lebih mudah menyerang orang dengan metabolisme tubuh yang buruk. Fakta lainnya, vitamin C bisa mengobati banyak gejala flu dan demam.

3. Berhenti Merokok

Mungkin banyak orang berfikir merokok dapat menghangatkan tubuh terutama pada saat musim hujan. Namun, sudah pasti anggapan itu salah dan malah sebaliknya, rokok akan merusak sistem pernafasan tubuh yang tentu akan melemahkan daya tahan tubuh kita dari penyakit. Kita harus berusaha berhenti atau setidaknya mengurangi kebiasaan merokok pada musim hujan seperti sekarang.

4. Mandi dan Keramas setelah Kehujanan

Gejala penyakit seperti sakit kepala, batuk, dan suhu badan meningkat akan lebih cepat menyebar ketika tubuh mengalami perubahan suhu lingkungan secara tiba-tiba. Jika setelah kita kehujanan dan kemudian mandi menggunakan air hangat, maka temperatur tubuh akan lebih cepat kembali ke normal. Jangan lupa untuk memusatkan perhatian di kepala, karena air hujan yang masuk ke kulit kepala akan membuat penyakit lebih cepat menyebar.

5. Kenali Wilayah Tempat Kita Berada

Tips ini akan bermanfaat jika kita merasa kurang persiapan untuk menghadapi hujan. Seperti yang di jelaskan di poin sebelumnya, kita harus selalu memiliki persediaan vitamin dan obat pada musim hujan yang tidak menentu seperti sekarang. Oleh sebab itu, kita harus perhatikan dengan seksama dan mengetahui akses tercepat untuk pergi ke toko obat atau apotek terdekat.

Seringkali pada saat hujan, kita hanya akan berteduh mencari tempat yang aman dari hujan. Sementara orang yang nekat akan terus maju menerobos hujan menggunakan payungnya untuk sampai ke rumah. Namun jika kita mengetahui lokasi apotek terdekat, dan persediaan vitamin serta obat sedang tidak ada, sangat disarankan kita sebaiknya pergi ke sana terlebih dahulu, membeli obat dan kemudian berteduh atau melanjutkan perjalanan.

6. Perbanyak Olah Raga

Gejala demam dan flu yang paling mudah dikenali adalah tubuh terasa lemas, lebih mudah letih, dan pikiran tidak bisa fokus dengan baik. Cara untuk menghilangkan gejala ini adalah dengan olah raga dan berkeringat. Keringat adalah sisa cairan tubuh yang berisi racun dari tubuh, maka dengan berolah raga dan mengeluarkan banyak keringat kita akan bisa mencegah datangnya penyakit. Dan jangan sampai kita beralasan tidak dapat berolah raga karena di luar sedang hujan, buka pikiran kita bahwa olah raga bisa dilakukan di mana saja. Kalau jogging tidak bisa dilakukan, kita dapat melakukan olah raga indoor, seperti senam dan yoga untuk mengeluarkan keringat.

7. Konsumsi Makanan Hangat

Inilah alternatif bagi kita yang berfikir merokok dapat menjaga suhu tubuh saat musim hujan. Makanan hangat seperti sup dan bubur, selain sehat karena terdiri dari beragam sayuran, juga dapat menjaga suhu tubuh saat musim hujan. Selain itu seperti dijelaskan pada poin sebelumnya, keringat juga bisa dikeluarkan dengan mengkonsumsi makanan yang hangat ditambah lagi makanan yang hangat dapat menyegarkan tenggorokan agar tidak terkena batuk.

8. Cuci Tangan

Berdasarkan riset kesehatan, bakteri penyebab flu paling cepat menyebar melalui kontak tangan. Tangan sebagai anggota tubuh utama untuk melakukan aktivitas tentunya paling banyak bersinggungan dengan benda-benda di sekeliling. Mencuci tangan dengan sabun antiseptic dan menggunakan hand sanitizer adalah cara yang paling ampuh membunuh kuman di tangan. Jika tidak memungkinkan membawa sabun anti septic, usahakanlah membawa satu botol kecil hand sanitizer yang selalu siap di kantong atau tas kita agar dapat menjaga kebersihan tangan setiap waktu.

9. Jaga Hidrasi Tubuh

Minum air yang cukup setiap harinya juga menjadi cara ampuh untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Air yang kita minum agan berguna untuk kesehatan ginjal kita agar mampu menyaring nutrisi dalam tubuh dan bisa mengeluarkan sisa cairan, bakteri, dan virus dalam tubuh melalui air seni dan keringat.

10. Jangan Mengkonsumsi Makanan Mentah atau Salad

Kebutuhan sayuran dan nutrisi tubuh jelas meningkat saat musim hujan. Akan tetapi, perlu diperhatikan agar tidak mengkonsumsi sayuran tanpa di masak terlebih dahulu pada musim hujan. Mengapa? Bakteri dan virus penyakit akan lebih cepat berkembang dalam keadaan lembab, oleh sebab itu proses mengolah dan memasak sayuran sangat penting untuk membunuh kuman penyakit. Namun jangan sampai proses memasak terlalu lama atau menggunakan suhu yang terlalu tinggi, agar kandungan nutrisi tetap terjaga.

 

Foto oleh : Prayogi Anugrah Adi

Share Button

Republished by Blog Post Promoter