Kurma

Tips Berpuasa Bagi Penderita Maag

Share Button

KurmaBagi anda yang menderita sakit maag, jagalah pola makan anda untuk menghindari maag anda kambuh ketika sedang berpuasa.

Berikut tips berpuasa bagi penderita maag.

1. Mulailah dengan minum air putih saat berbuka dan kurma karena lebih mudah dicerna tubuh. Lalu dilanjutkan dengan buah-buahan. Jangan langsung mengkonsumsi segala macam makanan atau minuman manis dan menu utama yang dihidangkan.

2. Hindarilah makanan-makanan seperti :

  • Yang banyak mengandung gas, seperti sawi, nangka, pisang, dan durian.
  • Yang merangsang lambung untuk memproduksi asam, seperti kopi dan susu.
  • Yang susah dicerna seperti makanan berlemak, keju, gorengan, kue tar, dan cokelat.
  • Yang dapat melukai dinding lambung, seperti soda, cuka, cabe, meerica, dan bumbu-bumbu yang merangsang.
  • Yang mengandung pati lengket, sperti beras ketan, dodol, mie, maizena, singkong, dan talas.

3. Perbanyaklah makan pepaya dan wortel karena mereka mengandung enzim yang dapat membantu mencerna makanan berlemak dan berminyak.

4. Selalu usahakan untuk sahur agar perut anda tidak kosong. Sahur dengan berbagai macam buah dan minum air putih yang cukup sangat disarankan.

Sehat Saat Puasa Dengan BuahAnda bisa juga menambahkan minuman bernutrisi dan mengandung serat tinggi seperti Nutrishake dari Oriflame sebelum sahur dan setelah berbuka puasa.

Pada minggu pertama, biasanya penderita maag akan merasa tidak nyaman dengan perutnya, namun setelah terbiasa dan mengatur pola makan dengan baik, pada minggu-minggu berikutnya perut akan menyesuaikan diri dan gejala maag akan menghilang dengan sendirinya.

Sumber gambar: qualitystockphotos

Share Button

Republished by Blog Post Promoter