a day at the spa

Sumber Makanan yang Bermanfaat untuk Kesehatan Kulit

Share Button

Berikut beberapa bahan makanan yang sangat bermanfaat untuk melembabkan, menutrisi, dan menyehatkan kulit anda.

Teh hijau

Teh hijau mengandung antioksidan polifenol yang membantu memberikan perlindungan dari sinar UV matahari yang dapat merusak kulit. The hijau bisa anda pergunakan langsung ke kulit atau mengkonsumsinya sebagai minuman, antioksidan yang dikandung teh hijau dapat mencegah kerusakan DNA dan membantu memperbaikinya jika terjadi kerusakan. Minum teh hijau juga dapat membantu tubuh anda terhidrasi yang mana hal ini juga faktor penting untuk menjaga kelembaban kulit.

Yogurt

Yogurt rendah lemak memiliki kandungan vitamin A yang tinggi yang merupakan nutrisi yang penting untuk menjaga kesehatan kulit, terutama untuk kulit berjenis kering. Vitamin A membantu tubuh untuk meproduksi kolagen yang berfungsi menjaga kulit tetap elastic dan kencang. Vitamin ini juga dapat melindungi kolagen agar tidak rusak

Ikan

Ikan merupakan sumber protein yang rendah lemak. Ikan seperti tuna atau salmon adalah mengandung asam lemak omega-3 alami yang tinggi yang berperan dalam meredakan peradaganan dan meningkatkan sistem daya tahan tubuh. Omega-3 juga berguna dalam membantu melawan efek merusak dari radiasi UV matahari terhadap kulit. Ikan salmon pun mengandung senyawa antioksidan yang disebut astaxanthin yang dapat mencegah kulit kendur dan keriput.

[wbdsbanner id=’NSText’]

Coklat hitam

Coklat hitam atau dark chocolate mengandung antioksidan flavonoid yang tinggi yang dapat melindungi jantung dan pembuluh darah dan juga melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar buruk matahari.

wanita langsing membawa makanan sehat

Buah-buahan Kaya Vitamin C

Vitamin C mengandung antioksidan penting untuk menjaga jaringan ikat di dalam tubuh. Kekurangan vitamin C dapat menimbulkan penyakit kulit, seperti  kudis. Untuk kulit, Vitamin C juga sangat efektif dalam mengurangi keriput, menyebabkan kulit terasa kencang, melawan radikal bebas, memperbaiki kulit yang rusak.

Buah Berry

Buah berry sepertstroberi, blackberry, cranberry, blueberry, dan raspberry adalah buah yang kaya akan antioksidan yang dapat melawan kanker dan mencegah penyakit lainnya. Buah ini juga membantu menjaga antioksidan alami kulit dan melawan radikal dari radiasi ultraviolet pada kulit.

Biji-bijian

Biji-bijian seperti gandum, oats, dan beras merah merupakan bahan makanan yang kaya serat yang baik bagi pencernaan dan juga mengandung sumber vitamin B yang baik bagi kulit seperti folat, niasin, dan zat gizi mikro seperti seng dan magnesium.

Kunyit

Kunyit merupakan sumber utama kurkumi yang merupakan senyawa aktif polifenol yang dapat melawan resiko munculnya kanker kulit. Kurkumin pada kunyit juga dapat meredakan peradangan dan berfungsi sebagai antioksidan yang dapat memperbaiki kerusakan kulit.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun sangat bagi mereka yang memiliki kulit sangat kering karena dapat membantu melembabkan kulit. Minyak zaitun juga mengandung antioksidan dari vitamin E yang bermanfaat dalam melawan radikal bebas dari lingkungan luar.

 Sumber Foto : www.qualitystockphotos.com

Share Button