Foto Wanita dengan Kulit Wajah Sehat

Sudah Melawati Puber, Kenapa Jerawat Masih Muncul?

Share Button

Wah, ternyata banyak loh orang yang masih terjebak dengan penyakit kulit semasa puber ini meskipun usia mereka sudah bukan remaja lagi. Jerawat bisa tiba-tiba muncul dan membuat penampilan menjadi terganggu. Perlu diketahui, penyebab masalah jerawat umumnya timbul saat masa puber hanyalah karena perubahan hormon, sementara penyebab dan faktor lain penyebab jerawat bisa terjadi pada usia berapa pun.

Ya, salah satu penyebab jerawat adalah perubahan hormon yang biasa terjadi ketika seseorang memasuki masa puber. Namun, jerawat juga bisa timbul akibat faktor lain seperti menstruasi atau bahkan kehamilan. Saat menstruasi dan kehamilan, kadar minyak di kulit bisa bertambah, dan bakteri penyebab jerawat bisa berkembang lebih cepat.

Bahkan, berdasarkan penelitian, seseorang masih bisa terkena masalah jerawat sampai umur 40 tahun ke atas. Masalah lain penyebab jerawat masih timbul saat seseorang berusia 20 tahun ke atas adalah kosmetik. Apapun yang menutupi pori-pori wajah, termasuk kosmetik, dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Jadi biasakan untuk selalu membersihkan kosmetik Anda menggunakan air hangat, agar pori-pori bisa terbuka dan kotoran di dalamnya dapat keluar.

Lalu bagaimana tentang mitos yang mengatakan bahwa coklat dan makanan lainnya dapat meningkatkan resiko timbulnya jerawat? Nyatanya, tidak ada penelitian yang membuktikan bahwa coklat dan makanan manis lainnya berdampak langsung pada timbulnya jerawat. Mungkin ada beberapa orang yang alergi atau tidak tahan dengan efek dari gula, sehingga menimbulkan kelainan pada kulitnya, bila Anda termasuk salah satu diantaranya, jauhilah makanan tersebut. Namun bagi Anda yang tidak termasuk di dalamnya, cobalah untuk tetap mengontrol asupan coklat dan makanan mengandung gula, karena beresiko menyebabkan diabetes dan sakit jantung.

Bagi Anda yang memang memiliki masalah jerawat membandel, ada dua cara mudah yang dapat mencegah timbulnya jerawat.

  • Pertama, hindari menyentuh wajah Anda dengan apapun. Sentuhan di kulit wajah dapat meningkatkan kadar minyak di kulit, mengiritasi kulit, dan menyebabkan perpindahan bakteri dari tangah ke wajah.
  • Cara kedua adalah dengan menghindari produk bebas minyak untuk rambut Anda. Produk-produk ini bisa saja jatuh ke wajah Anda dan menyumbat pori-pori wajah sehingga menyebabkan jerawat.

 

Sumber foto : http:// KumpulanFotoGratis.com

Share Button