Gambar-Sayuran-dan-Roti-Perancis

Serat Tidak Hanya Didapat Dari Buah, lho!

Share Button

Serat adalah salah satu nutrisi yang penting untuk menjaga tubuh tetap langsing. Manfaatnya juga beragam seperti menurunkan nafsu makan, menstabilkan kadar gula dalam darah, dan mengurangi resiko penyakit jantung. Umumnya orang-orang hanya mengetahui bahwa serat hanya bisa didapat dari sayuran dan buah saja. Namun kenyataannya tidak, serat dapat ditemukan diberbagai jenis makanan dengan jumlah tinggi.

Gambar-Sayuran-dan-Roti-Perancis

Berikut adalah beberapa bahan makanan yang mengandung serat tinggi :

1. Passion Fruit (Markisa)

Markisa adalah buah khas daerah tropis dan sub-tropis yang berasal dari benua Amerika. Bentuk dan rasanya yang khas juga sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia dan sering digunakan dalam berbagai jenis minuman.

Markisa adalah salah satu buah dengan kandungan serat sangat tinggi, terutama dari biji dan daging buahnya. Kandungan serat dalam buah markisa dapat membuat Anda kenyang lebih lama tanpa harus memakan karbohidrat berlebih.

2. Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari alias kuaci tidak boleh diremehkan karena bentuknya yang kecil. Kuaci mengandung banyak nutrisi seperti vitamin B kompleks, vitamin B6, dan vitamin E. tidak sampai disana, kuaci juga memiliki kandungan asam lemak tak jenus dah serat yang sangat tinggi.

3. Kacang-kacangan

Raja dari kacang-kacangan yang memiliki kandungan serat paling banyak adalah kacang almond. Sekedar informasi, dalam bahasa indonesia kacang almond disebut badam atau amandel. Kacang yang tumbuh dengan cangkang ini bisa juga Anda masukan sebagai pelengkap salad Anda. Almond juga mengandung vitamin B kompleks seperti kuaci, vitamin E, serta omega-3 yang baik untuk otak.

4. Cokelat batangan dan Cokelat Bubuk

Serat dari buah kakao yang merupakan bahan utama membuat cokelat sangat baik untuk pencernaan. Meski rasa buah kakao yang asli hanyalah pahit dan hampir tidak ada rasa manisnya, setelah diubah menjadi cokelat batangan atau cokelat bubuk pasti Anda sangat menyukainya. Anda juga tidak perlu khawatir karena manfaat barupa serat yang tinggi masih Anda dapat dari cokelat olahan.

 

Sumber foto : http://KumpulanFotoGratis.com/

Share Button

Republished by Blog Post Promoter