Rematik dan Penyembuhannya secara Alami

Rematik dan Penyembuhannya Secara Alami

Share Button

Rematik (arthritis) adalah salah satu penyakit yang menyerang persendian otot, tulang, dan struktur sekitarnya. Rematik adalah penyakit yang menahun dan sistemik dan dapat mengakibatkan kerusakan dan cacat permanen pada persendian.

Banyak yang mengatakan bahwa rematik disebabkan oleh seringnya seseorang mandi terlalu malam namun itu sebenarnya tidaklah tepat karena kondisi seseorang mengidap penyakit ini bukanlah karena hal tersebut. Seseorang yang sudah mengidap rematik memang sudah seharusnya tidak mandi saat menjelang malam atau larut malam karena memang akan memicu rematik kambuh. Hal ini disebabkan air dalam kondisi yang dingin dan kondisi tulang yang tidak bisa berkompromi dengan suhu yang dingin. Oleh karenanya jika memang terpaksa mandi malam dilakukan, mandilah dengan air hangat dan segera hangatkan tubuh dengan selimut jika sudah selesai berpakaian.

Lalu bagaimana penyembuhan rematik bila seringkali kambuh, dan situasi tidak memungkinkan kita ke dokter?  Ada beberapa cara mengobati rematik dengan cara alami, mengambil bahan-bahan dari lingkungan sekitar kita berdasarkan kecepatan penyediaannya.

·        Terapi Penguapan

Cara paling mudah, murah, dan cukup efektif meredakan kambuhnya rematik adalah dengan terapi penguapan. Caranya adalah siapkan air hangat dalam wadah ember dan rendam kaki didalamnya, tunggu sampai badan terasa hangat seluruhnya. Lalu kompres dingin segera kepala beberapa saat saja. Berikan minuman hangat dan segera berbaring selama kurang lebih 30 menit agar otot dan persendian merasakan relaksasi.

·        Menggunakan  jahe dan cengkeh.

Tumbuklah jahe dan cengkeh dengan perbandingan 4:1 hingga halus, lalu gunakan sebagai olesan kaki ditempat yang dikeluhkan. Manfaat jahe adalah sebagai penghangat.

·        Menggunakan kulit manggis.

Gunakan kulit manggis yang berwarna keunguan,  cuci bersih, iris-iris tipis, jemur sampai kering. Sisihkan. Ambil segelas air matang suhu normal dan masukkan beberapa irisan kulit manggis kering tadi dalam air. Tunggu beberapa saat sampai berubah warna, minum.

·        Menggunakan akar pepaya.

Usir rematik dengan akar pepaya dapat dilakukan dengan tanaman yang sangat bermanfaat tersebut. Ambillah akar pohon pepaya secukupnya, 15 gram sambiloto, 20 gram ketepeng, 30 gram daun sirih lalu haluskan seluruh bahan hingga lembut. Rendam dalam alkohol 75% selama 7 hari. Setelah selesai 7 hari ambil dan peras ramuan tersebut dan saring. Gunakan air perasan sebagai minyak gosok dan mengurut bagian yang sakit.

Share Button