mentega_margarin

Perbedaan Mentega dan Margarin

Share Button

Bagi orang yang baru mengenal dunia memasak dan kuliner mungkin belum bisa membedakan mentega (butter) dan margarin. Sama halnya ketika seorang yang tidak pernah meracik bumbu diminta untuk membedakan jahe, lengkuas, dan kunyit. Mentega dan margarin sebenarnya memiliki perbedaan yang jelas.

Unsur pembeda dari kedua jenis bahan utama pembuat kue ini adalah asal muasal keduanya. Jika mentega terbuat dari bahan susu, maka margarin terbuat dari minyak tumbuhan. Mari kita coba teliti perbedaannya lebih dalam.

Mentega

Mentega atau Butter Seperti yang sudah disebut di atas, mentega terbuat dari bahan susu. Mentega kaya akan lemak hewani dan biasanya dicampur air dan garam. Mungkin diantara kita pernah mendengar istilah roombutter. Lalu apa bedanya dengan mentega biasa? Pada dasarnya mentega dan roombutter adalah sama, hanya saja, orang banyak mengatakan bahwa roombutter adalah jenis mentega yang tahan tidak mencair ketika disimpan diluar kulkas.

Kembali ke mentega, mentega mengandung vitamin A, D, E, dan K serta tidak larut dalam air. Dengan kadar lemak hewaninya yang banyak, mentega mampu memberikan efek kenyang lebih lama. Mentega dinilai lebih gurih dan beraroma dibanding margarin.

Margarin

Margarin terbuat dari minyak tumbuhan (nabati) dengan melewati proses hydrogenasi saat dibuat. Margarin lebih kaya akan vitamin A dan vitamin E serta mengandung lebih sedikit lemak dibanding mentega. Oleh sebab itu, kita lebih sering melihat penggunaan margarin untuk membuat kue di acara masak-memasak di televisi. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa margarin mengandung trans fat. Namun sudah banyak produk margarin yang sudah mengurangi kadar lemak ini, pastikan kita melihat betul-betul kemasan margarin yang kita beli.

Keduanya juga dapat dibedakan penggunaannya dalam beberapa masakkan. Mentega memiliki aroma yang tajam dan rasa lebih gurih. Oleh sebab itu, kue yang dibuat menggunakan mentega akan lebih tahan lama di luar lemari es dibanding kue yang terbuat dari margarin. Namun jika kita menggunakan margarin, maka tekstur kue yang tercipta juga akan terasa lebih lembut. Jadi sudah cukup jelas ya apa perbedaan antara mentega dan margarin? Semoga bermanfaat!

 

Sumber foto: http://www.sxc.hu/

Share Button

Republished by Blog Post Promoter