Gambar Kartun Wanita

Perawatan Harian Mengatasi Wajah Berminyak

Share Button

womanJika anda memiliki jenis kulit cenderung berminyak, perawatan kulit secara rutin merupakan sebuah keharusan bagi anda. Karena kulit yang berminyak cenderung mudah terkena kotoran dan bisa berujung kepada timbulnya jerawat.Penyebab kulit berminyak bisa dibaca disini.

Berikut merupakan perawatan yang dapat anda lakukan sehari-hari yang baik untuk kulit anda yang berminyak.

Penggunaan Produk Kecantikan yang Tepat

Sekarang banyak sekali bermunculan produk-produk kosmetik, terutama skin care yang telah dikhususkan untuk jenis kulit wajah tertentu. Bagi anda yang cenderung berminyak, pilihlah produk untuk kulit yang berminyak yang berbahan dasar air atau gel. Akan lebih baik jika produk kecantikan yang anda pilih berasal dari bahan-bahan alami. Hal ini akan mengurangi timbulnya resiko dari zat-zat kimia yang terkandung didalam kosmetik.

Penggunaan Pembersih

Wajah yang berminyak akan cenderung memiliki tekstur yang lengket, hal inilah yang menyebabkan kotoran akan mudah sekali menempel di permukaan kulit. Jika tidak dibersihkan dengan benar, maka akan memicu timbulnya jerawat. Anda diharuskan untuk mencuci muka minimal 2x sehari, pagi dan malam sebelum tidur. Pilihlah produk skin care yang sesuai dengan jenis kulit anda.

Untuk kulit yang berminyak diharapkan untuk menggunakan facial wash yang tidak berbahan dasar minyak (oil free), tapi pilihlah yang berbahan dasar air atau gel, dan tidak mengandung alkohol.

3 Langkah Mudah Membersihkan Wajah Berminyak

  1. Bersihkan wajah anda dengan facial wash, pusatkan perhatian lebih di daerah T, karena biasanya kotoran paling banyak tertumpuk di daerah ini. Pembersih muka ini berguna untuk mengangkat kotoran-kotoran yang berada di permukaan kulit paling atas.
  2. Selanjutnya, pakailah cleanser dengan cara meratakan ke seluruh wajah dan mengangkatnya dengan kapas atau facial tissue dari bawah ke atas. Hal ini akan menyebabkan kotoran-kotoran yang berada di lapisan dalam kulit terangkat maksimal.
  3. Langkah terakhir tuangkan toner diatas kapas atau tissue lalu tepuk-tepukkan di wajah, tidak dengan mengelapnya, hal ini dapat menyebabkan pori-pori wajah terbuka kembali. Ingat, membersihkan wajah dengan memakai facial wash saja tidak cukup, namun harus dirangkai dengan cleanser dan toner, karena bisa mengangkat kotoran dari lapisan dalam kulit.

Penggunaan Scrub dan Masker Untuk Wajah Berminyak

Setiap hari kulit mengalami regenerasi kulit baru. Pengelupasan ini berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati sehingga kulit wajah tidak terlihat kusam. Tahap ini biasanya sering disebut dengan scrubbing atau peeling.

Pada tahap ini, kotoran dan debu yang menyumbat di pori-pori akan terangkat sehingga wajah akan lebih bersih dan halus. Setelah melakukan scrubbing, pori-pori akan terbuka, inilah waktu yang tetap untuk anda menggunakan masker sehingga kandungan dari masker tersebut akan terserap maksimal ke dasar kulit. Pilihlah masker yang berbahan dasar tomat, tea tree, dan berbahan alami lainnya. Lakukan scrubbing 3-4 kali seminggu.

Penggunaan Pelembab

Pilihlah pelembab yang ringan berbahan dasar air atau gel, sehingga cepat menyerap dan tidak meninggalkan bekas berminyak di kulit. Selain untuk melembabkan kulit, pelembab juga berguna untuk memperlambat penuaan, mengurangi timbulnya keriput dan garis-garis halus, dan terlindung dari paparan sinar matahari. Gunakanlah pelembab sekitar 5-10 menit setelah anda mencuci wajah, biarkan wajah anda benar-benar kering sebelum anda menggunakan pelembab.

Penggunaan Tabir Surya

Tanpa kita sadari sinar matahari merupakan factor utama penyebab dehidrasi kulit dan munculnya tanda-tanda penuaan dini. Pastikan krim pelembab siang anda mengandung unsur SPF (Sun Protector Factor) yang dapat melindungi kulit anda dari radikal bebas paparan sinar matahari.

Sumber Foto : www.kumpulanfotogratis.com

Share Button

Republished by Blog Post Promoter