stetoskop

Penyebab Serangan Jantung Mendadak

Share Button

Serangan jantung adalah salah satu penyakit yang dapat membunuh seseorang secara tiba-tiba tanpa ada gejala sebelumnya. Orang yang terlihat sehat dan segar bisa tiba-tiba terkena penyakit ini dan kemudian meninggal dunia. Beberapa publik figur seperti seperti Kris Biantoro, Ricky Johanes, Basuki, dan Benyamin Sueb yang selalu terlihat enerjik di depan pemirsa tiba-tiba meninggala akibat penyakit ini.

Sebenarnya, penyakit jantung dapat dikenali gejalanya oleh semua kalangan asalkan sudah mengetahui informasi awal tentang penyakit ini.

Berikut adalah beberapa gejala khas yang muncul saat seseorang terkena serangan jantung.

Sulit Bernafas dan Dada Sesak

Gejala ini sama seperti saat orang terkena asma. Dimana penderita tidak bisa menarik nafas dengan dalam dan pernafasan terasa berat. Apabila seseorang disekitar Anda tiba-tiba merasakan hal ini sebaiknya Anda waspada dan langsung memberi pertolongan pertama seperti inhaler atau nafas buatan.

Setelah itu biasanya orang tersebut akan berkeringat, merasa mual, dan timbul perasaan cemas. Kondisi ini membuat nafas semakin tidak terkendali, sebaiknya lansung hubungi dokter.

Rasa Sakit Di Beberapa Titik

Rasa sakit di leher diikuti rasa sakit pada lengan kiri dan rahang adalah salah satu pertanda serangan jantung. Rasa sakit kemudian juga terasa di bagian belakang perut dan juga terjadi pada salah satu bahu.

Detak Jantung Berada di Atas Normal

Saat detak jantung bertambah di atas normal di saat yang sama badan juga tiba-tiba terasa lemas. Beberapa korban meninggal serangan jantung bahkan ada yang dalam keadaan tertidur dan saat olahraga. Itulah sebabnya penyakit ini sulit dicegah karena dapat datang dengan tiba-tiba.

Nyeri di Dada

Gejala ini sangat sulit di deteksi karena banyak juga penyakit lain yang memiliki ciri gejala yang sama. Apabila penderita sakit jantung sudah merasakan hal ini namun terlambat untuk diobati maka akan fatal akibatnya.

Pemeriksaan secara rutin ke dokter adalah jalan terbaik untuk mencegah sakit jantung datang tiba-tiba. Pertahankan pola dan gaya hidup sehat sebagai salah satu cara mencegah penyakit apapun datang. Penyakit jantung biasanya terjadi akibat gaya hidup, pola makan, dan aktivitas sehari-hari yang tidak berada pada standar kesehatan. Bahkan ada saat-saat tertentu yang bisa meningkatkan datangnya serangan jantung seperti:

  • Usia 45 tahun ke atas bagi pria dan 55 tahun ke atas bagi wanita atau mengalami menopause dini (sebagai akibat operasi)
  • Ada riwayat penyakit jantung dalam keluarga (orantua, kakek, nenek, dan lain-lain)
  • Kadar kolesterol LDL tinggi sementara kadar kolesterol HDL rendah
  • Stress
  • Obesitas
  • Tekanan darah tinggi (hipertensi)
  • Diabetes Mellitus
  • Merokok
  • Kurang aktifitas fisik/jarang olahraga/mengeluarkan keringat
  • Mengkonsumsi alkohol
Share Button

Republished by Blog Post Promoter