mulut

Penyebab-penyebab Bau Mulut

Share Button

Bau mulut (halitosis) memiliki beberapa kemungkinan penyebab, berikut beberapa penyebabnya :

1. Kebersihan mulut yang buruk

Kebersihan mulut yang buruk adalah penyebab paling umum dari bau mulut. Bakteri yang dibangun pada gigi, lidah dan gusi dapat menyebabkan, penyakit gusi dan kerusakan gigi.

Bakteri yang bergabung dengan air liur untuk memecahkan partikel makanan dan protein akan melepaskan gas yang berbau tidak menyenangkan.

Jika Anda tidak menyikat gigi dan berkumur dengan obat antiseptik  secara teratur, setiap makanan yang terjebak di antara gigi dapat menyebabkan bau mulut.

Bakteri juga dapat hidup di permukaan kasar lidah Anda. Oleh karena itu, saat menyikat gigi, bersihkan lidah Anda untuk membantu mengontrol bau mulut.

Memeriksa gigi secara rutin di dokter gigi dapat memastikan masalah kebersihan mulut dan diobati sejak dini. Dokter gigi juga akan memberikan nasihat tentang seberapa sering Anda perlu cek-up.

2. Makanan dan Minuman

Makan makanan yang dibumbui oleh bawang putih, bawang merah atau rempah-rempah, kemungkinan akan membuat napas Anda bau. Minuman berbau tajam, seperti kopi dan alkohol, juga dapat menyebabkan bau mulut.

Penelitian di Jepang menyatakan, mengkonsumsi plain yoghurt dapat menghilangkan bau mulut secara alami. Karena kandungan gula alami pada makanan ini dapat menghilangkan komponen sulfur pada mulut yang memicu terjadinya bau mulut.

Selain itu bakteri baik pada minuman fermentasi susu ini dapat melawan bakteri penyebab bau mulut. Minuman ini juga kaya akan vitamin c yang mampu mengurangi plak dan penyakit gusi.

3. Merokok

Merokok adalah penyebab lain dari bau mulut yang menyebabkan iritasi gusi Anda. Merokok juga meningkatkan resiko terkena penyakit gusi yang merupakan penyebab lain dari bau mulut.

4. Berdiet

Diet dengan cara berpuasa atau diet rendah karbohidrat  dapat menghasilkan zat kimia yang disebut keton. Keton terjadi karena adanya pembakaran lemak dalam tubuh yang dapat menyebabkan bau mulut.

5. Obat-obat

Beberapa jenis obat dapat menyebabkan bau mulut seperti : Nitrat, beberapa obat kemoterapi dan beberapa obat antihistamin. Beri tahu dokter Anda Jika Anda mengalami bau mulut agar Dokter dapat merekomendasikan alternatif lain.

6. Kondisi Medis

Bau mulut kadang-kadang disebabkan oleh kondisi medis, meskipun hal ini jarang terjadi.

Kondisi medis yang paling sering di alami adalah mulut kering( xerostomia)yang disebabkan oleh masalah pada kelenjar ludah atau terus-menerus bernapas melalui mulut yang dapat menyebabkan bau  mulut.

Kondisi medis lain yang dapat menyebabkan bau mulut antara lain:

  • Penyakit paru-paru(bronkitis)
  • Penyakit ginjal atau hati menahun
  • Infeksi saluran napas dan sinusitis (radang sinus, rongga di tulang wajah)
  • Diabetes
  • Peradangan pada lapisan lambung dan refluks makanan

Sumber Foto : http://www.sxc.hu

Share Button

Republished by Blog Post Promoter