Perawatan Jerawat Pada Wajah

Penyebab dan Perawatan Jerawat Pada Wajah

Share Button

Seringkali jerawat dianggap sebagai hal yang sangat mengganggu. Kecantikan selalu diidentikkan dengan wajah yang mulus tanpa bintik, namun dengan kehadiran jerawat tingkat kepercayaan diri seseorang akan berkurang. Maka banyak orang yang mengeluh dengan kehadiran jerawat ini dan melakukan berbagai tindakan untuk segera mengatasi jerawat di wajah. Beberapa ada yang berhasil dalam mengatasi jerawat dengan berbagai perawatan namun beberapa terdapat yang masih lelah berjuang. Sebenarnya apa saja penyebab timbulnya jerawat di wajah?

Jerawat secara umum yaitu peradangan pada kulit wajah sebagai akibat dari tersumbatnya pori-pori wajah oleh berbagai polusi.

Penyebab Munculnya Jerawat dan Bagaimana Perawatan Jerawat Yang Tepat

  1. Kelebihan Produksi Kalenjar Minyak

wanita langsing membawa makanan sehatSalah satu ciri kulit berminyak adalah ukuran pori-pori yang lebar. Hal ini menjadi penyebab munculnya jerawat karena berbagai jenis debu dan kotoran tersumbat masuk ke dalam pori-pori.

Untuk perawatan jerawat pada kulit berminyak lakukan pembersihan wajah secara teratur. Cuci wajah 2-3 kali sehari dengan sabun wajah sesuai jenis kulit.

  1. Permasalahan Hormonal

Hormon bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat. Namun biasanya hanya muncul pada waktu tertentu seperti menstruasi, stress, kehamilan, dan lain-lain.

Perawatan jerawat disebabkan oleh hormonal ini dapat diatasi dengan mengonsumsi air putih serta buah dan sayuran secara teratur dan cukup.

  1. Faktor Makanan

Faktor makanan pun bisa menjadi penyebab dari timbulnya jerawat namun hanya berlaku pada beberapa orang yang memiliki kulit sensitif. Beberapa jenis makanan yang menyebabkan munculnya jerawat antara lain telur, daging ayam, kacang-kacangan, dan lain-lain.

Perawatan jerawat karena hal ini adalah dengan cara mengurangi konsumsi bahan makanan tersebut. Lalu perbanyak mengonsumsi air putih dan makanan berserat sembari tetap jaga kondisi kulit agar tetap bersih.

  1. Kesalahan Penggunaan Kosmetik

Sejatinya wanita ingin terlihat cantik dengan menggunakan kosmetik. Namun tak setiap kosmetik cocok untuk jenis kulit wajah. Dampak dari penggunaan kosmetik yang tidak cocok dengan jenis kulit adalah munculnya jerawat.

Apabila hal ini terjadi segera konsultasikan kepada dokter kulit untuk mendapatkan penanganan dan perawatan jerawat. Setelah itu rawat kulit dengan menggunakan kosmetik dengan kandungan bahan yang aman untuk kulit.

  1. Gaya Hidup

Gaya hidup yang tidak sehat berperan dalam pembentukan jerawat di wajah. Kecenderungan begadang pada tiap malam, merokok, minum minuman keras dapat mengakibatkan timbulnya jerawat. Maka hindari gaya hidup yang demikian agar wajah aman dari jerawat.

Pada dasarnya wajah akan terlihat bersinar dan bebas dari jerawat apabila kebersihan wajah dijaga. Maka tetap rawat wajah secara teratur dan makan makanan berserat maka kemungkinan timbulnya jerawat akan semakin kecil.

Sumber gambar: all-free-download.com

Perawatan Jerawat Pada Wajah Anda

Share Button

Republished by Blog Post Promoter