a serving on fast food meal

Penyakit Akibat Minuman Bersoda

Share Button

Minuman berkarbonat atau yang lebih kita kenal dengan minuman bersoda mungkin menjadi salah satu jenis minuman paling digemari. Rasanya yang manis, apalagi jika disajikan dingin, plus sensasi soda yang menggelitik di dalam mulut membuatnya semakin nikmat diminum ketika udara panas. Namun sayangnya, minuman yang dikemas dalam bentuk kaleng atau botol ini mengandung banyak potensi resiko penyakit. Bayangkan saja, dalam satu kaleng minuman bersoda, terdapat setidaknya 200 kalori, 55 mg kafein, serta pewarna dan pemanis buatan.

a serving on fast food meal

Dari sana, muncul beberapa resiko penyakit yang sering timbul akibat meminum minuman bersoda secara berlebih. Berikut adalah penyakit-penyakit yang mungkin timbul akibat minuman bersoda:

1. Obesitas dan Diabetes

Seperti kita ketahui di atas, soda mengandung banyak kalori dan kafein yang berkontribusi pada obesitas serta diabetes. Selain itu, kandungan pemanis buatan yang ada di dalamnya juga sangat berbahaya karena dapat meningkatkan insulin. Di dalam satu liter soda terdapat 39 gram gula dan pemanis buatan, berbahaya.

2. Tulang dan Gigi Keropos

Asam fosfor dalam minuman bersoda lama-kelamaan akan menggerus tulang dan gigi. Hasilnya tulang akan tergerus dan berkurang kepadatannya. Sementara gigi akan terkikis dan enamelnya semakin menipis. Kadar gula yang tinggi juga dapat menyebabkan gigi cepat rusak dan bolong.

3. Asma

Asma juga dapat terjadi sebagai salah satu akibat dari minuman bersoda. Seperti kita tahu minuman bersoda mengandung karbon dioksida yang berbahaya jika masuk ke dalam tubuh. Selain itu juga terdapat kandungan natrium benzoat yang berhubungan erat dengan asma.

 

Share Button

Republished by Blog Post Promoter