tips merawat kaki

Pentingnya Menjaga Kesehatan Kaki

Share Button

Fungsi kaki sebagai pendukung tubuh dan  alat gerak manusia sangatlah penting. Bayangkan saja, jika diukur rata-rata setiap orang dalam hidupnya akan berjalan seperti mengelilingi Buni dua kali. Namun demikian, kaki juga adalah organ tubuh yang jarang mendapat perhatian. Padahal mengingat fungsinya yang sangat penting, seharusnya kaki mendapat perhatian dan perlakuan istimewa.

Perawatan Kaki

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan kaki:

1.  Selalu jaga kebersihan kaki, termasuk sela-sela jari dan kuku. Perhatikan dengan seksama bila terlihat perubahan warna, tekstur, maupun keberadaan lesi atau luka. Lakukan pemotongan kuku kaki secara periodik.

2.  Kenakan sepatu atau sandal sesuai dengan ukuran kaki. Jangan hanya karena mengikuti mode, kaki dipaksa mengenakan ukuran yang terlalu kecil atau malah kebesaran. Perhatikan juga kebersihan sepatu. Sepatu kotor atau lembab hanya akan menambah masalah bagi kaki, seperti timbulnya bau kaki dan tumbuhnya jamur.

3.  Gunakan pelembab khusus untuk kaki. Cuaca yang kering dapat menyebabkan kulit kering dan pecah-pecah. Pertahankan kelembabannya dengan pelembab  dan masker khusus kaki.

4. Lakukan olahraga ringan untuk menjaga kesehatan kaki. Berjalan kaki, lari kecil, atau peregangan cukup untuk menjaga kaki sehat dan bugar selalu.

5. Istirahatkan kaki sejenak setelah melakukan aktifitas berat pada kaki, seperti hiking atau berjalan jauh. Pemijatan ringan mungkin dapat membantu kaki kembali bugar. Jangan pernah abaikan sakit pada kaki. Hubungi dokter bila perlu untuk mendapat pemeriksaan seksama.

Share Button