toilet sign

Pentingnya Buang Air Besar (BAB)

Share Button

Makanan dan minuman yang kita telan akan melalui beberapa proses, dan kira-kira dalam 24 jam dikeluarkan dari tubuh.

Mengapa Muncul Jerawat Kalau Terkena Sembelit?

Itu karena kalau kotoran lama berhenti di usus besar, zat berbahaya seperti amoniak diserap kembali oleh tubuh. Maka dari itu, sebaiknya kotoran dikeluarkan sesuai jadwal. Waktu paling tepat untuk merangsang usus yang malas itu adalah pagi hari!

Ayo tagetkan pagi hari!

Apa Sajakah Penyebab Utama Sembelit?

Pola makan tidak baik (tidak sesuai jadwal/random), stres berlebihan, minum-minuman beralkohol, dan kurang olahraga. Semua ini menyebabkan gerakan usus berkurang, lalu terjadilah sembelit.

Jika sulit membuang air besar di pagi hari, cobalah lakukan beberapa step di bawah ini :

  1. Setelah bangun tidur, rentangkan badan dengan kuat ( tapi jangan berlebihan, karena kuatir malah terjadi kram) dan dalam keadaan tersebut lakukan pernapasan perut selama 5 menit.
  2. Dengan perut kosong, nutrisi maupun racun mudah masuk. Maka dari itu di anjurkan minum air putih 1-2 gelas saat perut kosong di pagi hari.
  3. Di antara tiga kali makan dalam sehari, makan pagilah yang paling penting! Kalau perut diisi penuh, akan memberi dorongan menurun ke arah usus kecil dan besar. Ini merangsang gerakan pengosongan isi perut.
  4. Jika masih tidak manjur juga. Coba memijat perut dengan menekankan perut di bawah pusar menggunakan ujung jari. Jangan lupa menggunakan lotion yang banyak agar mudah menggosoknya. Pijat melingkar searah jarum jam.
Share Button

Republished by Blog Post Promoter