kelapa

Nata de Coco Baik untuk Diet

Share Button

Nata de coco merupakan sebuah makanan sehat dan ideal bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Meski pada mulanya nata de coco terbuat dari sisa-sisa produksi kelapa, makanan ini sudah digemari dan dijual banyak di pasaran. Selain rasanya yang nikmat dan cocok untuk lidah orang Indonesia, nata de coco juga kaya akan serat.

Nata de coco sendiri berasal dari bahasa Spanyol sebagainatare yang berarti terapung-apung. Nata dapat terbuat dari kelapa, santan, air kepala, nanas, melon, lidah buaya, dan lain-lain.

Proses pembuatan nata de coco adalah dengan fermentasi air kelapa dengan bantuan mikroba Acetobacter Xylinum untuk mempercepat prosesnya. Mikroba ini juga akan merubah gula dalam air kelapa menjadi acetic acid dan cellulose yarn yang nantinya akan berubah menjadi sebuah kesatuan dan menebal. Itulah asal-mula pembentukan nata de coco, dengan hasil akhir berwarna putih, transparan, manis, dan kenyal.

Dalam nata de coco terkandung kalsium, zat besi, fosfor, vitamin B1, protein, dan air. Beberapa produk juga menambahkan riboflavin, vitamin C, dan mineral lain untuk menambah nutrisinya. Nata de coco tidak akan membuat Anda gemuk karena sangat rendah kalori. Karena kaya akan serat, nata de coco baik untuk melancarkan pencernaan. Salah satunya untuk melancarkan pembuangan sisa pembakaran dalam tubuh dan mencegah sembelit (konstipasi). Selain itu, akibat rendahnya kandungan gizi, nata de coco aman dikonsumsi mereka yang mengalami obesitas dan sedang melakukan diet rendah kalori guna menurunkan berat badan berlebih. Tapi tentu saja tata cara mengkonsumsi nata de coco harus diperhatikan. Biasanya nata de coco dicampur dengan sirup gula atau minuman manis lain yang mengandung kalori terlalu tinggi, ini dapat menyebabkan obesitas. Sirup yang di campur ke nata de coco dan terlalu manis dapat meningkatkan kadar gula dalam darah. Apabila dikonsumsi berlebihan dapat mengakibatkan diabetes.

Produk nata de coco yang asli sendiri memiliki rasa yang tidak terlalu nikmat, oleh sebab itu banyak produk nata de coco dalam kemasan menambahkan perisa ke dalamnya sehingga juga dapat dikonsumsi bagi anak-anak.

Share Button

Republished by Blog Post Promoter