foto coklat

Mitos tentang Coklat!

Share Button

Coklat adalah salah satu makanan yang dapat membangkitkan mood seseorang dan memberikan rasa bahagia. Di samping rasanya yang nikmat, mudah diolah, dan mudah ditemui coklat juga memiliki banyak khasiat. Namun, masih banyak mitos atau hal simpang siur yang tidak diketahui faktanya oleh beberapa orang tentang coklat.

BBC baru saja menemukan empat mitos seputar coklat yang dipercaya hampir diseluruh negara. Empat mitos tersebut adalah sebagai berikut :

1. Dark Chocolate Mengandung Kalori Lebih Sedikit Ketimbang Coklat Putih

Kadar kalori kedua coklat ini sebenarnya sama jika dihitung per 100 gram, yaitu sebesar 550 kkal. Namun dark chocolate memiliki kandungan kakao lebih banyak ketimbang coklat putih. Hal ini dikarenakan coklat putih lebih banyak ditambahkan susu. Oleh sebab itulah dikatakan bahwa dark chocolate lebih sehat dibanding milk/white chocolate.

2. Coklat Penyebab Jerawat

Tidak pernah ada penelitian yang membuktikan mitos ini. Dalam beberapa kasus seseorang yang makan coklat kemudian berjerawat lebih disebabkan tidak tolerannya tubuh terhadap glukosa atau kandungan dalam coklat. Hal ini yang menyebabkan tubuh merangsang atau merespon dengan tidak menentu.

3. Coklat Menyebabkan Migran

Coklat memang mengandung sedikit tyramine dan phenylethylamine — asam amino dari protein dalam coklat — yang bisa menyebabkan migran. Namun, tidak ada bukti bahwa coklat sendiri bisa menyebabkan migran.

4. Coklat Membuat Gemuk

Mitos ini seringkali dijadikan alasan anak-anak atau bahkan orang dewasa harus menghindari coklat. Selain alasan menyebabkan gigi berlubang, alasan coklat menyebabkan gemuk juga menyebabkan beberapa kalangan rela menjauhi makanan nikmat ini. Kunci agar Anda tidak gemuk saat memakan coklat tentu saja ada pada kuantitas atau jumlah coklat yang Anda konsumsi. Makan coklat setiap hari melebihi takaran yang dianjurkan tentu akan menyebabkan penambahan berat badan. Namun, dengan pola makan yang sehat dan seimbang, juga disertai olahraga yang cukup, rasanya coklat masih aman dikonsumsi.

Sumber Foto : http://KumpulanFotoGratis.com/

Share Button

Republished by Blog Post Promoter