Jus Wortel

Merawat Jantung dengan Wortel

Share Button

Kita mengenal wortel sebagai sayuran yang baik untuk mata karena memiliki kandungan vitamin A yang baik. Namun selain itu, wortel juga banyak mengandung serat, vitamin K, folat, beta-karoten dan magnesium. Selain baik untuk mata, jus wortel ternyata juga berkhasiat melawan kolesterol jahat dalam darah.

Kandungan beta-karoten, alpha-karoten dan anthocyanindin membuat wortel mampu melawan kolesterol jahat dan merawat kesehatan jantung. Kolesterol adalah lemak yang berperan membantu membran sel dan sintesis hormon seperti testosteron dan estrogen untuk bekerja secara optimal. Sementara yang disebut dengan kolesterol jahat adalah jenis kolesterol yang jika jumlahnya berlebihan, dapat meningkatkan resiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke. Sayuran yang memiliki nama latin Dacus Carota ini juga dapat memerangi hipertensi.

Sebuah penelitian di Edinburgh, Skotlandia menyimpulkan bahwa mengkonsumsi 7 ons wortel setiap hari secara rutin, dapat mengurangi kadar kolesterol sebesar 11 persen. Kadar kolesterol jahat dalam tubuh yang normal berkisar antara 100-129 mg/dL. Selain itu, dalam secangkir wortel mentah cincang terkandung 50 kalori, 1 gram protein, 12 gram karbohidrat, 3,5 gram serat dan tidak ada kandungan lemak.

Dengan segudang manfaat di atas, jangan pernah ragu lagi menambahkan wortel dalam seluruh menu hidangan. Mulai dari jus, sop atau sayuran lainnya agar terhindar dari penyakit kolesterol dan sakit jantung.

Sumber foto: http://www.sxc.hu/

Share Button

Republished by Blog Post Promoter