Nutrition Label

Menurunkan Kadar Kolesterol Dalam Darah

Share Button

Nutrition LabelBagi anda yang memiliki kolesterol tinggi, maka anda perlu dan harus mengubah pola makan dan gaya hidup anda menjadi lebih sehat untuk menurunkan kadar kolesterol. Kolesterol tinggi beresiko besar munculnya penyakit jantung di kemudian hari.

Walaupun anda telah mengkonsumsi berbagai obat-obatan yang disarankan oleh dokter, anda masih perlu untuk mengubah pola makan anda untuk kesehatan jantung dan menghindari berbagai efek samping dari obat-obatan yang anda konsumsi. Pada dasarnya tubuh membutuhkan kolesterol HDL (kolesterol baik) dalam jumlah yang kecil untuk membersihkan koleterol jahat dari darah anda, namun kebanyakan makanan yang kita konsumsi mengandung banyak kolesterol buruk.

Tips Menurunkan Kadar Kolesterol Dalam Darah

  1. Gunakan porsi kecil untuk menghidangkan makanan anda lengkap dengan sumber protein, sayuran, buah, nasi, dan dilengkapi dengan air putih. Hindari konsumsi daging terlalu sering yang dapat meningkatkan kadar kolesterol anda. Beralih mengkonsumsi lebih banyak sayur dan buah yang memiliki kadar serat yang tinggi yang dapat menurunkan tekanan darah dan menjaga berat badan anda. Pilihlah cemilan seperti yogurt dan outmeal untuk menemani jam istirahat anda.
  2. Konsumsilah lebih banyak ikan karena ikan memiliki lemak jenuh rendah dan tinggi akan asam lemak sehat Omega-3 yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan mencegah terbentuknya plak di arteri yang dapat memicu penyakit jantung. Konsumsilah ikan-ikan, seperti salmon, tuna, dan sarden yang kaya Omega-3. Hindari menyajikan makanan dengan cara menggoreng karena malah meningkatkan kadar lemak jenuh dan menghilangkan nutrisi makanan.
  3. Pilihlah menu sarapan sarat serat. Seperti misalnya roti gandum, sereal, dan oatmeal yang memilki banyak serat yang mebuat anda merasa kenyang lebih lama sehingga menghindari anda mengkonsumsi makanan-makanan berat yang berkolesterol tinggi.
  4. Pilihlah cemilan sehat seperti kacang-kacangan yang memiliki lemak tidak jenuh dan serat yang tinggi yang dapat menurunkan kolesterol di dalam darah dan lebih sedikit meningkatkan kadar gula. Fakta menyebutkan orang yang dalam sehari mengkonsumsi minimal 1 ons kacang-kacangan memiliki tingkat resiko terkena penyakit jantung yang rendah. Hindarilah mengkonsumsi kentang yang dapat meningkatkan kadar gula yang menyebabkan anda mudah terserang lapar.
  5. Kita memerlukan lemak tak jenuh untuk membantu menurunkan kadar kolesterol yang bisa didapat dari minyak zaitun, kacang, dan sebagainya. Lemak tak jenuh juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam darah.
  6. Olah raga secara rutin minimal 3x dalam seminggu selam 30 menit berguna untuk mengembangkan arteri anda agar tidak tersumbat oleh kolesterol jahat, menurunkan resiko stroke, dan penyakit jantung.
  7. Hindarilah stress yang dapat meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan resiko tersumbatnya arteri oleh kolesterol. Lakukan relaksasi, meditasi, dan atur pernapasan anda dan ambil napas dalam-dalam yang dapat menurunkan stress.
  8. Hindarilah obesitas yang disebabkan oleh mengkonsumsi kadar gula yang tinggi, karena dapat meningkatkan resiko kolesterol, kenaikan tekanan darah, dan diabetes. Karena arteri akan lebih mudah membentuk plak dan sumbatan oleh lemak jenuh dan kolesterol tersebut.

  Sumber Gambar : www.sxc.hu

Share Button

Republished by Blog Post Promoter