Gambar-Wanita-Melalkukan-Pemanasan-Digym

Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Share Button

Melahirkan dan mempunyai anak adalah dambaan setiap Ibu. Namun setelah melahirkan, banyak ibu yang sulit menurunkan kembali berat badannya. Ada banyak cara untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan, asal Anda tahu kapan dan bagaimana cara yang tepat.

Tubuh memerlukan waktu untuk memulihkan diri dari tenaga yang dikeluarkan saat melahirkan. Jadi Anda harus menunggu beberapa saat sampai Anda bisa memulai program menurunkan berat badan. Biasanya waktu yang dibutuhkan adalah sekitar enam sampai delapan minggu setelah kelahiran. Bahkan, akan lebih baik jika Anda menunggu sampai anak mendapat air susu ibu (ASI) selama beberapa bulan.

Seperti diet pada dasarnya, hal terpenting adalah mengatur pola makan. Makan makanan sehat, banyak buah-buahan dan sayuran akan mempercepat pemulihan energy Anda. Jangan pernah melupakan sarapan, karena sarapan sangat penting menambah energi Anda selama seharian penuh, apalagi sekarang Anda memiliki anak untuk diurus.

Anda juga setidaknya mengkonsumsi lima porsi jenis buah atau makanan tiap harinya. Makanan kaya serat seperti oats, kacang-kacangan, gandum, dan biji-bijian juga sebaiknya Anda konsumsi secara rutin. Roti-rotian yang mengandung zat tepung serta nasi dan pasta juga akan mempercepat proses pemulihan Anda setelah melahirkan.

Jika Anda merasa sudah siap dalam segi fisik, maka Anda bisa memulai olahraga. Olahraga awal yang dapat dilakukan tentu saja olah raga ringan sepert berjalan, serta peregangan otot tulang belakangan, tangan dan pinggul. Tapi ingat, Anda harus tetap menunggu sampai setidaknya 6 minggu setelah melahirkan.

Cara yang lain adalah dengan mengajak bayi berjalan-jalan menggunakan kereta dorong, atau mengikuti kelas olahraga khusus Ibu dan anak.

Cara mudah lainnya adalah dengan memberikan ASI secara teratur kepada anak sambil menjaga pola makan. Menyusui dapat mengurangi berat badan Anda sedikit demi sedikit, bahkan diet terlalu cepat dapat membuat ASI sulit keluar.

Dengan artikel ini, kiranya para ibu dan calon ibu tidak perlu lagi khawatir akan menjadi gemuk setelah melahirkan. Perhatikan terus kesehatan Anda dan anak. Perhatikan juga pola makan dan gaya hidup yang sehat.

Sumber Foto : http://KumpulanFotoGratis.com/

Share Button

Republished by Blog Post Promoter