foto wanita berhijab

Menjaga Kesehatan Rambut untuk Wanita Berhijab

Share Button

Tren berhijab sekarang sedang melanda Indonesia. Banyak wanita yang mulai merubah diri dengan mengenakan hijab dan lebih memperdalam agamanya. Namun, meski berhijab, kesehatan rambut juga harus tetap diperhatikan. Tidak sedikit orang yang mengeluhkan rambut mereka menjadi rontok, lepek, dan berketombe ketika berhijab.

Agar rambut Anda tetap sehat dan indah saat berhijab, mari simak tips-tips menjaga kesehatan rambut berikut ini:

1. Gunakan Shampo dan Kondisioner yang Tepat

Pada rambut wanita biasa yang tidak berhijab mencuci rambut 3 kali seminggu akan terus menjaga kelembapan rambut mereka. Kabar baik bagi mereka yang berhijab, dengan menggunakan hijab rambut mereka akan lebih terjaga dari paparan sinar matahari, asap kendaraan bermotor, dan polusi udara lainnya. Namun Anda tetap harus keramas setidaknya 3 kali dalam seminggu plus menggunakan kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut Anda. Salah menggunakan shampo dan kondisioner bisa membuat rambut menjadi rusak dan tidak sehat. Udara di Indonesia yang cukup panas membuat Anda harus menjaga kelembapan rambut agar tidak kering dan rusak.

2. Creambath dan Masker Rambut Secara Rutin

Perawatan rambut mendasar bagi para wanita seperti creambath dan masker rambut tetap harus dilakukan loh meski Anda menggunakan jilbab. Cukup dengan sekali dalam dua minggu sekali pergi ke salon untuk melakukan perawatan ini dapat mambuat rambut Anda tetap sehat dan berkilau.

3. Gunakan Jilbab Secara Tepat

Bagi Anda yang memang sudah sehari-hari menggunakan jilbab sambil beraktivitas mungkin tidak terlalu memperhatikan bagaimana mengenakan jilbab secara tepat. Salah satunya adalah dengan tidak mengenakan jilbab saat rambut dalam keadaan basah. Ketika rambut basah, rambut Anda dapat dengan mudah rontok. Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa jilbab yang Anda pakai tidak terbuat dari bahan yang kasar. Bahan jilbab yang kasar membuat rambut lebih berpotensi untuk menjadi rontok. Pilihlah bahan jilbab yang halus agar tidak terlalu menggesek rambut dan berwarna terang agar tidak cepat membuat kulit kepala panas. Jangan gunakan jilbab terlalu kencang, terutama di leher, karena akan mengurangi sirkulasi udara ke kepala. Dengan sirkulasi udara yang baik akan membuat rambut dan kulit kepala menjadi baik dan sehat juga.

4. Perhatikan Asupan Makanan

Satu tambahan lain adalah dengan menjaga asupan makanan Anda. Makanan yang mengandung protein tinggi seperti daging, ikan, susu, kacang-kacangan akan membantu kesehatan rambut Anda. Vitamin seperti vitamin A, B, C, dan E juga sangat baik menjaga kesehatan kulit kepala, pertumbuhan rambut, dan mengatasi masalah rambut lainnya. Dengan tips-tips perawatan di atas, Anda tidak perlu lagi khawatir mengalami masalah rambut meski mengenakan jilbab. Jangan lupa secara rutin memotong rambut setidaknya sebulan sekali untuk meminimalisasi rambut pecah-pecah dan bercabang. Selamat berhijab!

 

Sumber foto : http://KumpulanFotoGratis.com/

Share Button