Mengurangi bau mulut saat puasa

Mengurangi Bau Mulut Saat Puasa

Share Button

Lagi puasa gini, mulut kita cenderung menjadi kering tentunya ya.. Mulut yang kering karena kurang cairan ini tentunya bisa menyebabkan bau tidak sedap. Pastinya bikin kita tidak percaya diri untuk bertemu dan berhadapan dengan orang lain jika kita mengalami bau mulut.

Nah… Gimana dong caranya agar bisa mengurangi bau mulut saat puasa? Yuk ikuti tips ini untuk menghindari si BM alias bau mulut đŸ˜‰

Minum air putih yang banyak saat sahur dan berbuka, agar tidak bau mulut

Air putih ini juga dapat meningkatkan produksi air liur di dalam mulut kita. Bila kita banyak meminum air, tentunya produksi air liur pun lancar dan bisa membantu mulut tetap bersih sepanjang hari walaupun sedang berpuasa.

Tetap sikat gigi secara rutin dan membersihkan lidahMenyikat Gigi

Jangan pernah melewati rutinitas yang satu ini, sikat gigi seperti biasanya minimal 2 kali sehari. Walaupun berpuasa, tetap boleh kok menyikat gigi. Setelah menyikat gigi, jangan lupa sikat juga sisa-sisa kotoran yang menempel di lidah. Justru ini juga pemicu bau mulut tak sedap. Jadi sikat gigi saja tidak cukup, lanjutkan membersihkan lidah setelahnya ya.. Dengan begitu bau mulut ga lagi jadi masalah.

Rutin cek ke dokter gigi dan membersihkan karang gigi

Karang dan plak pada gigi juga berpotensi menimbulkan bau mulut. Terkadang infeksi pada gusi juga bisa muncul karena karang gigi, Untuk itu, jadwalkan kunjungan ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali untuk cek ya.

Bersihkan mulut dengan berkumur menggunakan cairan khusus

Ada banyak cairan atau obat kumur yang beredar di pasaran, setelah menggosok gigi disarankan juga untuk berkumur dengan cairan antiseptik ini. Fungsinya membersihkan seluruh area mulut.

Hindari makanan beraroma tak sedap

Sudah rajin sikat gigi, minum air putih yang banyak, tapi menunya jengkol heheh .. ya sama deh, bau mulut nya ga ada, ganti dengan bau jengkol nanti đŸ˜€

Rajin berolah raga dan hindari tidur berlebihan

Biasanya yang dilakukan saat puasa, adalah TIDUR đŸ˜€ padahal tidur itu juga menyebabkan mulut kita menjadi semakin kering. Muncul lagi deh itu bau mulut tak sedap. Ubah kebiasaan tidurmu dengan melakukan olah raga ringan, atau kegiatan berguna lainnya..

Nah.. sekian tips mengurangi bau mulut tak sedap di saat bulan puasa. Semoga bermanfaat yaa

 

Share Button