wanita sakit kepala migran

Mengobati Migrain Tanpa Obat

Share Button

Menderita sakit kepala, apalagi sakit kepala sebelah alias migrain yang bisa kambuh kapan saja dapat sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Anda juga pasti harus selalu menyediakan obat-obatan untuk mengurangi rasa sakit yang dialami. Namun Anda bisa mencoba beberapa cara alternatif untuk mengobati migrain.

wanita sakit kepala migran

Berikut adalah beberapa cara alternatif selain menggunakan obat untuk mengobati migrain.

1. Akupuntur –  Pengobatan asal negeri tirai bambu, China, ini dapat menjadi alternatif pengobatan migrain. Tusukan jarum-jarum akupuntur di beberapa titik di kepala terbukti mampu mengurangi rasa sakit dan bahkan menyembuhkan penyakit kambuhan ini.

 2. Pijat pijatan di pundak –  punggung, atau langsung di kepala tentu akan membuat Anda lebih rileks. Meski pijatan tidak secara langsung mampu mengurangi rasa sakit, namun efeknya bisa membuat tubuh rileks dan melepas stres. Perlu diingat bahwa salah satu penyebab sakit kepala adalah stres yang berlebihan.

 3. Ubah pola makanan – Beberapa pasien migrain terbukti menderita penyakit ini setelah mengonsumsi makanan tertentu. Makanan dan minuman yang biasa menjadi pemicu migrain adalah alkohol, minuman mengandung kafein, coklat, makanan kaleng, keju, dan MSG atau mecin. Apabila Anda salah satu penderita migrain akibat makanan, sebaiknya catat daftar makanan pemicu migrain ini dan menghindarinya jauh-jauh dari menu Anda tiap hari.

4. Tidur – Mungkin hal ini agak sulit untuk dilakukan karena Anda akan sulit menahan rasa sakit untuk tidur. Cobalah untuk menjauhkan gadget, mematikan TV, musik, lampu, lalu mencoba untuk memejamkan mata. Jangan makan terlalu berlebihan karena akan mengganggu tidur Anda, serta pastikan untuk beristirahat cukup, setidaknya 8 jam tiap harinya.

 5. Lakukan hal-hal yang menyehatkan – Gaya hidup sehat mampu menjauhkan Anda dari segala jenis penyakit, termasuk migrain. Anda dapat mencatat apa saja penyebab Anda mengalami migrain di kertas kecil. Jaga hidrasi tubuh dengan baik, minum 1,8 liter per harinya dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Jangan pernah melewatkan sarapan dan juga berlatih secara rutin tiap harinya. Seluruh perubahan gaya hidup ini akan membuat migrain yang Anda alami berkurang rasa sakitnya serta menurunkan resiko untuk kambuh

Share Button