garam dan lada

Mengkonsumsi Terlalu Banyak Garam? Berbahaya!

Share Button

Ada sebuah lirik lagu Inul Daratista yang mengatakan “Sayur tanpa garam, kurang enak kurang sedap”. Yap, garam adalah salah satu bumbu penyedap yang hampir dipakai dalam segala jenis masakan, baik digoreng, direbus, bahkan pada pembuatan es krim sekalipun.

garam dan lada

Anda perlu ketahui bahwa garam memiliki banyak sekali manfaat seperti mencegah penyakit gondok, gangguan pendengaran, mencegah penumpukan lemak, dan lain-lain namun semua manfaat tersebut akan hilang apabila Anda mengkonsumsi garam terlalu banyak. Terlalu banyak mengkonsumsi garam dapat memicu resiko hipertensi atau tekanan darah tinggi yang bisa berujung pada penyakit jantung dan stroke. Namun sayangnya, sering kali kita tidak sadar bahwa kita telah mengkonsumsi garam terlalu banyak. Idealnya, tubuh hanya memerlukan 2.300 mg atau setara dengan 1 sendok teh garam tiap harinya. Coba bandingkan dengan konsumsi Anda selama ini? Pasti lebih bukan?

Garam berlebih secara tidak disadari juga bisa didapat dari makanan sampingan atau snack. Berikut adalah beberapa contohnya:

1. Sereal Siap Saji

Hmm, sereal mungkin terlihat lezat dan aman bagi anak-anak karena umumnya terbuat dari gandum. Namun sangat disayangkan dalam semangkuk sereal saja sudah terdapat 300 mg garam. Belum lagi ditambah dengan garam dari makan siang dan makan malam.

2. Sayuran Kaleng

Bagi mereka yang sulit menjangkau pasar tradisional atau tidak punya waktu untuk berbelanja di pasar, mereka akan lebih memilih sayuran dalam kaleng. Namun seperti kita ketahui bahwa makanan kaleng selain mengandung pengawet, ternyata juga mengandung banyak sekali garam. Dalam satu kaleng bisa terdapat 730 mg garam.

3. Sup

Makanan yang ampuh mengusir demam dan hawa dingin ini ternyata juga tidak terlepas dari bahaya lainnya. Untuk membuat rasa sup lebih enak biasanya kita menambah garam ke dalamnya. Secara tidak sadar kita sudah mengonsumsi setidaknya 744 mg garam dari semangkuk sup.

4. Snack!

Keripik kentang, keripik singkong, gorengan, dan makanan sejenis tentu menjadi penyebab utama Anda kelebihan garam tiap harinya.

Untuk Anda yang berumur lebih dari 51 tahun atau penderita tekanan darah tinggi, diabetes, dan penyakit ginjal kronis, sebaiknya Anda lebih perhatian lagi dengan konsumsi garam per harinya. Jika salah dan tidak terkontrol, bisa-bisa penyakit Anda akan semakin parah.

Share Button

Republished by Blog Post Promoter