kanker payudara

Mengenal Kanker Payudara Dan Tips Pencegahannya

Share Button

Kanker payudara merupakan jenis kanker ganas dan di sebut-sebut sebagai pembunuh wanita nomor wahid di dunia. Karena penyakit ini umumnya memang menyerang kaum wanita, walaupun tidak jarang juga bisa menyerang kaum pria tapi dalam jumlah yang tidak banyak, perbandingannya hanya satu berbanding seribu kejadian.

Kenali Lebih Jauh Kanker Payudara

Bagaimana kanker ini bermula? Kanker jenis ini di mulai dari terbentuknya sel-sel abnormal yang bersifat ganas pada payudara. Umumnya kasus kanker ini berawal dari sel-sel yang menyelimuti duktus (duktus adalah saluran kecil yang mengirim air susu ibu ke bagian puting), kanker jenis ini di sebut kanker duktal, sementara ada juga berasal dari kelenjar lobulus (lobulus adalah kelenjar di mana air susu bermula) kanker ini di sebut kanker jenis lobular, dan ada juga sebagian kecil berasal dari jaringan payudara yang lain.

Bagaimana penyebarannya? Sel-sel ganas pertama-tama akan masuk ke pembuluh limfa kemudian akan menyebar ka bagian lain melalui kelenjar getah bening.  Jika sel-sel ini sudah menyebar ke area ketiak maka akan terasa benjolan pada di ketiak, ini bisa jadi pertanda bahwa sel-sel kanker ini sudah menyebar ke bagian organ tubuh yang lain melalui darah.

Mencegah Kanker Payudara Dengan Pola Hidup sehat

Oleh karena sangat berbahayanya kanker ini, maka para wanita harus meningkatkan kewaspadaannya terhadap serangan kanker ini. Bagaimanapun mencegah tentu lebih baik  daripada harus mengobati apalagi jenis kanker ini bisa menghilangkan jiwa manusia jika terlambat mengetahuinya. Jika di keluarga anda pernah terdapat riwayat menderita kanker ini, maka kewaspadaan anda perlu di tingkatkan lagi, karena resiko menderita kanker ini lima kali lebih besar. Resiko lain terdapat pada orang yang tidak memiliki pola hidup sehat seperti merokok, minum alkohol, pengguna obat-obatan dll. Jika anda merasa ada sesuatu yang tidak biasanya pada payudara anda seperti benjolan pada payudara, payudara terasa nyeri, bentuk kulit payudara berubah dll, jangan tunda lagi, segera periksakan diri ke dokter.

Sayangnya sampai sekarang ini belum ada penyebab pasti dari munculnya kanker ini, yang umumnya menyerang wanita. Namun demikian resiko lebih besar di tenggarai melalui keturunan, pola hidup dan pola makan yang tidak sehat.

Tips Terhindar Dari Kanker Payudara

Berikut ada beberap tips yang layak anda terapkan dalan kehidupan sehari-hari agar terhindar dari kanker ganas ini:

– Perbanyak konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan segar.
– Beri bayi anda ASI
– Pilih makanan organik
– Jauhkan diri dari merokok, minum alkohol, obat-obatan dll
– Perbanyak berolahraga
– Hindari stress
– Kurangi makanan berlemak
– Menjaga berat badan tetap ideal
– Berfikiran positif
– Segera periksakan diri jika merasakan sesuatu tak wajar pada payudara anda

Walaupun penyebabnya belumlah jelas, namun demikian kewaspadaan terhadap kanker payudara harus terus di tingkatkan sembari menerapkan pola hidup sehat.

Share Button

Republished by Blog Post Promoter