Mengelola Kadar Glukosa dalam Darah

Mengelola Kadar Glukosa dalam Darah

Share Button

Selama sepuluh tahun terakhir, salah satu penyakit yang paling banyak diderita adalah diabetes. Diabetes terjadi ketika tubuh tidak mampu menghasilkan insulin sendiri atau melepaskan insulin yang cukup untuk mengubah gula menjadi energi bagi sel. Hal ini menyebabkan banyak glukosa yang tersisa dalam aliran darah. Jika situasi ini tidak segera diatasi, dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya. Kegagalan organ, kerusakan saraf, dan penyakit jantung adalah komplikasi diabetes yang mungkin muncul. Jika tidak ada perawatan diabetes yang tepat, beberapa komplikasi diabetes yang dapat menyebabkan kerusakan saraf adalah masalah jantung, kerusakan ginjal, dan masalah mata. Periksa rutin sangat penting jika Anda memiliki latar belakang keluarga diabetes.

Salah satu solusi untuk mengatasi penyakit ini adalah dengan melakukan manajemen diabetes. Mengatur kadar glukosa dalam darah bagi penderita diabetes sangatlah penting. Hal ini sangat berhubungan dengan obat-obatan yang dikonsumsi dan diet yang dilakukan. Bagi penderita diabetes tipe 1 yang tidak dapat memproduksi insulin sendiri, dosis insulin harus sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Mengetahui Indeks Glikemik juga diperlukan dalam pengelolaan yang tepat pada diet diabetes. Makanan yang memiliki Indeks Glikemik tinggi dapat menyebabkan kadar glukosa darah meningkat sangat cepat. Karbohidrat olahan seperti roti putih, pasta putih, dan gula sebaiknya dihindari. Olah raga juga menjadi kunci suksesnya pengelolaah kadar glukosa dalam darah. Jalan cepat selama 30 menit sangat dianjurkan.

Manajemen diabetes memang sulit. Akan tetapi, dengan mengetahui dan melakukan hal-hal sederhana seperti memilih makanan  yang sehat, mengonsumsi obat-obatan yang tepat, serta  berolah raga secara teratur dapat membantu kita untuk lebih bersahabat dengan penyakit ini.

 

Share Button

Republished by Blog Post Promoter