sendok dan meteran badan

Mengatur Pola Makan Sehat

Share Button

Dengan kenyataan bahwa semakin menjamurnya berbagai makanan siap saji di kalangan masyarakat, ditambah lagi dengan rutinitas sehari-hari yang menuntut anda untuk bekerja tidak mengenal waktu sampai kadang anda mengenyampingkan pola makan anda. Padahal kenyataannya jika fisik anda saja tidak kuat bagaiman anda bisa mengerjakan segala aktivitas anda. berikut beberapa langkah-langkah untuk mengatur pola makan anda menjadi lebih sehat dan teratur.

Sarapan sebagai Sumber Energi Sepanjang Hari

Sarapan harus menjadi prioritas anda sebelum memulai aktivitas untuk menyediakan energi sendok dan meteran badansepanjang hari. Sarapan juga dapat membuat anda lebih waspada, meredam tingkat stress, menghilangkan mood buruk, meningkatkan memori anda, dan mampu berkonsentrasi penuh. Tidak perlu terlalu bersusah payah, dengan berbagai kegiatan anda di pagi hari, seperti mengurus anak dan suami, sajikanlah makanan yang mudah disajikan di pagi hari seperti sereal, oatmeal, buah, dan lainnya.

Jika anda juga tidak sempat menyiapkan sarapan, jangan biarkan diri anda beraktifitas tanpa membawa bekal untuk sarapan di perjalanan. Karena jika anda tidak sarapan, anda akan berpeluang besar untuk mengkonsumsi lebih banyak makanan di siang hari.

Makan Sering dan Teratur

Makan dengan porsi kecil namun seimbang segala nutrisi, 4 sehat 5 sempurna, jauh lebih baik karena dapat menyediakan energi lebih tahan lama. Jangan hanya makan ketika lapar saja. Ahli diet menyebutkan aturlah jadwal makanmu sedemikian rupa, pagi hari, siang hari, malam hari, rentang waktu antara pagi dan siang, serta rentang waktu antara siang dan malam. Jangan menunda sedikit pun waktu untuk makan dalam waktu-waktu ini, karena dapat membuat anda mengkonsumsi lebih banyak makanan di waktu selanjutnya.

Pilih Cemilan Sehat

Seperti yang disebutkan diatas, pada rentang waktu antara pagi dan siang serta siang dan malam pilihlah makanan ringan, cemilan atau snack sehat yang bisa mengganjal perut anda, seperti buah segar, sayuran, yoghurt rendah lemak, kacang-kacangan, cracker, nutrishake dari oriflame, dan lainnya.

Minum Air Putih

Hindari dehidrasi yang dapat menyebabkan anda mudah lesu, lelah, tidak bertenaga, dan sakit kepala. Bawa selalu botol minum anda. Minumlah 1 liter setelah bangun tidur, 1/2 liter dalam rentang waktu makan pagi dan makan siang, 1 liter rentang waktu makan siang dan makan malam, dan ½ liter sebelum tidur untuk mencegah dehidrasi ketika anda tidur.

Mengurangi Konsumsi Lemak Jenuh

Hindari makanan yang mengandung lemak jenuh, seperti kerupuk, keripik, biskuit, dan makanan siap saji lainnya. Cermatilah produk yang anda beli dengan melihat informasi gizi pada label kemasan, pilih daging, susu, keju, dan yoghurt yang rendah lemak. Hindari untuk menggoreng dan memanggang makanan anda, sebaliknya pilihlah makanan anda untuk dikukus atau direbus di dalam air dengan tambahan minyak zaitun, kacang-kacangan, margarin, atau mentega secukupnya.

Kelola Emosi Anda

Pernahkah anda melakukan hal ini, ketika anda stress atau depresi anda langsung mengambil snack di kulkas atau membuka toples biskuit lalu memakannya, atau anda berpikir bahwa hari itu anda sedang bahagia lalu untuk merayakannya anda makan diluar dengan pilihan menu tidak sehat atau junk food. Inilah salah satu jebakan yang membuat setiap orang bersifat manja dan menunda-nunda untuk sehat. Belajarlah untuk lebih mengerti dan mendalami pola makan anda dan emosi anda agar anda dapat menyesuaikan diri ketika dalam emosi senang, sedih, atau marah, lalu cari tau apa pemicunya. Fakta bahwa anda menjadikan makanan sebagai alat untuk memuaskan diri anda ketika dalam emosi-emosi tertentu, mulailah mengganti fakta tersebut dengan akativitas lain, seperti refleksi, pijat, menonton film, mendengarkan musik, membaca majalah, bercanda dengan teman, berbelanja, atau istirahat. Berfikirlah positif, bersihkan hati dan pikiran anda, dan cobalah untuk tersenyum dan lebih dewasa dalam menyikapi hidup anda. Hindari menjadikan makanan sebagai penghargaan bagi diri anda, tapi ubahlah dengan aktivitas positif lainnya.

Nikmatilah Makanan Anda

Jadikan waktu makan anda sebagai waktu istirahat, waktu yang spesial, dan perhatikan apa yang anda makan daripada melahapnya begitu saja sampai habis sambil anda bekerja, menonton, atau membaca. Makanlah sambil duduk tenang dan nikmati rasa , warna, dan tekstur makanan anda dengan mengunyahnya pelan-pelan. Perhatikan bahwa makanan yang sehat bukan berarti rasanya tidak lezat, itu hanya bagaimana mengubah pola pikir anda menjadi lebih positif dan tentunya sehat pula. Pikirkanlah efek berkelanjutannya, jangan hanya berpikir masa sekarang dengan menunda dan memanjakan diri anda dengan hal yang merugikan anda suatu saat nanti.

Sehat itu enak, nyaman, lezat, dan menyenangkan jika anda berfikir bahwa banyak sekali manfaat yang anda dapatkan dengan pola makan yang sehat, kesuksesan anda di rumah tangga, pekerjaan, dan lingkungan merupakan beberapa hal yang akan anda dapatkan setelah anda memutuskan untuk hidup sehat. Selamat mencoba.

Sumber Foto : www.sxc.hu

Share Button

Republished by Blog Post Promoter