Dua piring dan sayur

Mengatur Pola Makan Pada Jam yang Disarankan

Share Button

Dengan mengatur pola makan anda secara teratur maka akan memudahkan anda mengarahkan jam-jam makan anda. Berikut tips pintar makan makanan pada jam-jam terbaik.

Dua piring dan sayurTips Mengatur Waktu dan Pola Makan

  • 07.00 : Pada jam ini anda diharapkan sudah bangun dari tempat tidur anda ( waktu disarankan untuk bangun pagi adalah jam 05.00-07.00
  • 07.15 : Minumlah segelas air putih yang bertujuan untuk mencegah dehidrasi yang dapat menyebabkan sakit kepala.
  • 07.45 : Minumlah segelas susu tinggi kalsium dan rendah lemak untuk memberikan energi untuk anda.
  • 08.30 : Sarapan dengan menu kaya protein yang membantu kadar gula di dalam darah tetap stabil, sehingga anda tidak mengalami kecapekan berlebihan seharian. Roti selai keju atau kacang di tambah dua telur rebus untuk dewasa dan satu telur untuk anak-anak dapat menjadi alternatif pilihan menu sarapan anda.
  • 10.15 : Pilihlah cemilan sehat seperti yang berbahan dasara kacang-kacangan yang kayak akan Magnesium yang mampu meningkatkan energi anda jika anda merasa lelah. Buah dan yogurt juga bisa menjadi pilihan snack anda pada jam ini.
  • 10.45 : Minumlah segelas air putih atau jus buah yang mengandung kadar air tinggi, seperti jeruk dan semangka.
  • 12.30 : Makan siang merupakan waktu yang sangat rentan untuk anda mengkonsumsi makanan secara berlebih, terlebih jika anda memilih makan di luar bersama teman anda. Perlu diketahui bahwa semakin banyak anda mengkonsumi makanan maka semakin keras pula organ pencernaan anda bekerja yang menyebabkan cadangan energi dari makanan yang anda konsumsi hanya bertahan dalam beberapa jam selanjutnya. Pilihlah porsi makan siang yang cukup, setengah porsi nasi untuk wanita dan satu porsi nasi untuk pria dengan ditemani sayur dan lauk secukupnya.
  • 14.45 : Pada jam ini biasanya kerja tubuh sudah tidak lagi fit, konsumsilah cemilan yang kaya akan kandungan Omega 3 yang membantu meningkatkan daya kerja otak anda, seperti minum yogurt dan jus alpukat, atau anda juga bisa memilih mengkonsumsi teh hijau yang dapat memperlancar metabolisme anda dan meningkatkan konsentrasi anda, namun hindari kopi yang berkafein tinggi.
  • 16.00 : Hormon serotonin yaitu hormon kebahagiaan biasanya akan turun pada jam 15.00 sampai jam 17.00, konsumsilah dark chocolate untuk meningkatkan energi dan memberikan mood baik bagi anda.
  • 19.30 : Pilihlah menu sederhana untuk makan malam anda, namun tetap kaya akan sayur, protein, dan karbohidrat kompleks, seperti salmon, brokoli, nasi merah, kacang-kacangan, dan jus tomat. Makanlah sekitar 3 jam sebelum tidur untuk memastikan tubuh telah mencerna seluruh makanan dan tidak menggangu tidur anda.
  • 22.00 : Minumlah teh herbal atau susu rendah lemak yang dapat membantu anda untuk tidur lebih nyenyak.
  • 22.20 : Jam ini merupakan waktu yang tepat untuk anda beristirahat dan menyegarkan tubuh anda kembali keesokan harinya.

Sumber Foto: www.qualitystockphotos.com

Share Button