Mencegah Osteoporosis Dengan Olah Raga Dan Diet Makanan

Share Button

Tips mencegah osteoporosis sangat mudah untuk didapatkan, tetapi banyak orang merasa masih cukup muda sehingga kurang memperhatikan pencegahan osteoporosis. Padahal pencegahan osteoporosis justru sebaiknya dilakukan sejak kita masih muda. Osteoporosis dapat mengakibatkan hal yang cukup fatal seperti tulang retak atau patah atau tubuh menjadi bungkuk karena kepadatan tulang yang buruk. Diet seimbang dan olahraga cukup akan membantu kita mencegah osteoporosis. Kebiasan berjemur di pagi hari selama 10-15 menit sangat bagus untuk kesehatan tulang. Berjalan kaki, bersepeda, angkat beban, jogging, tai-chi, dan yoga diketahui dapat membantu memadatkan massa tulang.

Sangat dianjurkan melakukan tes kepadatan tulang sebelum merencanakan perubahan makanan. Dengan tes ini, kita dapat menyusun rencana diet yang benar. Jika perlu, konsultasikan dengan dokter ahli gizi.

Makanan dengan kandungan vitamin D dan kalsium tinggi sangat dianjurkan. Contohnya brokoli, berbagai sayuran berdaun hijau (sawi, kangkung, bayam, daun katuk, daun singkong), salmon, kerang, produk olahan susu dan sebagainya. Mengkonsumsi suplemen kalsium dan vitamin D juga dapat membantu. Vitamin D penting karena membantu penyerapan kalsium. Mineral boron dan mangan diketahui juga mampu membantu penyerapan kalsium.

Usahakan membatasi konsumsi makanan atau minuman yang dapat mengurangi penyerapan kalsium seperti kopi dan soda. Hindari juga makanan yang terlalu asin atau banyak mengandung zat aditif. Beberapa jenis obat disinyalir juga dapat mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap vitamin D dan kalsium. Ada pula jenis obat yang mengharuskan pemakai untuk mengkonsumsi vitamin D dan kalsium lebih banyak. Jadi perhatikan juga jenis obat-obatan yang dikonsumsi dan tanyakan juga kemungkinan perlunya terapi hormon estrogen terutama jika terlihat ada kecenderungan tinggi terhadap osteoporosis.

Di luar bahaya osteoporosis, tetap jalani hidup sehat dengan makan makanan bergizi seimbang disertai olah raga yang cukup. Mencegah osteoporosis bukan berarti semudah mengkonsumsi supplemen vitamin D dan kalsium berlebih karena sesuatu yang berlebih bisa malah membahayakan kesehatan tulang kita. Lakukan tes yang perlu dan konsultasi ke dokter sangat disarankan agar mendapat terapi tepat untuk osteoporosis.

Share Button