semangkok kecil salad dan lime

Mencegah Hilangnya Nutrisi Sayuran dalam Proses Memasak

Share Button

Pada artikel lain kita telah membahas cara agar nutrisi sayuran tetap terjaga secara umum. Sekarang kita akan mencoba lebih fokus ke bagaimana cara mengurangi resiko hilangnya nutrisi sayuran saat proses memasak. Ada beragam kandungan yang dimiliki sayuran yang baik untuk tubuh seperti vitamin A untuk mata, tulang dan gigi; vitamin B untuk menjaga metabolisme; vitamin C dan E untuk antioksidan dan anti penuaan dini; vitamin K untuk kesehatan darah, serta masih ada mineral lainnya. Namun seperti kita ketahui beberapa nutrisi diatas sangat mudah larut dalam air, terutama air panas.

semangkok kecil salad dan lime

Berikut adalah beberapa cara untuk mengurangi hilangnya nutrisi sayuran dalam proses memasak:

1. Pertahankan Kulitnya

Perlu Anda ketahui bahwa kulit sayuran dan buah mengandung banyak nutrisi, sehingga apabila Anda mengupas dan kemudian membuang kulit tersebut, Anda akan kehilangan sebagian serat, vitamin C, dan mineral lain. Mungkin Anda merasa harus membuang kulit sayuran dan buah karena takut masih ada pestisida yang tertinggal. Namun saran kami, lebih baik Anda mencuci buah dan sayuran hingga bersih daripada harus membuang nutrisi yang ada dalam kulit tersebut. Anda juga bisa memilih produk tanaman organik untuk menghindari pestisida.

2. Masak Dahulu Sebelum Dipotong

Seringkali saat mengolah makanan seperti wortel, buncis, dan kacang pajang dengan cara dipotong terlebih dahulu baru di rebus. Sayangnya cara tersebut adalah salah dan Anda akan kehilangan 25% nutrisi dari sana. Para ahli gizi menyarankan agar Anda merebus sayuran terlebih dahulu, baru dipotong-potong. Contoh paling mudah adalah bagaimana cara Anda memasak kentang dan ubi. Anda tidak perlu mengupas dan memotongnya terlebih dahulu. Bahkan saat dimakan, Anda juga bisa memakan kentang bersama kulitnya. Selain itu air rebusannya masih bisa Anda minum karena nutrisinya yang baik. Khusus untuk wortel, apabila Anda merebusnya terlebih dahulu baru memotongnya, rasa manis dari gula alami yang terkandung dari wortel akan lebih terasa.

3. Metode Steam

Mengolah sayuran dengan cara steam atau kukus jauh lebih baik dibanding dengan merebus. Seperti kita ketahui sebelumnya, sangat banyak nutrisi yang mudah larut dalam air mendidih. Dengan metode steam yang mengandalkan uap, nutrisi tersebut akan tetap terjaga. Apabila Anda terpaksa merebus sayuran Anda, sebaiknya simpan air hasil rebusan untuk kemudian digunakan sebagai kuah makanan Anda.

4. Tumis v.s. Goreng

Tahukah Anda perbedaan menumis dan menggoreng? Yap tepat, perbedaannya terletak pada jumlah minyak yang digunakan. Itulah mengapa sebaiknya Anda menumis sayuran Anda dengan minyak sedikit di dalam wajan sampai layu saja dengan tujuan tetap menjaga nutrisi di dalamnya.

Share Button