Foto Wanita Sakit Maag

Cara Mengontrol Maag

Share Button

Penyakit maag bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Pola makan tidak teratur adalah penyebab awal dari penyakit lambung ini. Perlu diingat bahwa rentang jam makan antara satu dan lainnya adalah 3-4 jam.

Pada pagi hari sebaiknya Anda memakan makanan seperti susu, yoghurt, keju rendah lemak, telur dengan roti gandum, dan buah yang telah dikupas. Makanan tersebut cukup sebagai cadangan energi Anda pada pagi hari.

Sementara pada siang harinya, makan lah daging putih. Daging putih adalah ikan, dada ayam, dan daging sapi tanpa lemak. Jenis daging ini lebih mudah dicerna dan aman bagi lambung. Jauhi lah makanan seperti sosis sapi, daging babi, dan jenis daging merah lainnya, karena lebih sensitif dan sulit dicerna. Anda juga bisa menambahkan sayuran hijau seperti sup.

Untuk makan malam, sebaiknya dilakukan dua jam sebelum jam tidur. Untuk para penderita maag, sebaiknya hindari lah makanan sambal, mayones, kecap, dan saus tomat. Juga cek selalu suhu makanan Anda, jangan makan makanan terlalu panas, atau pun terlalu dingin.

Kopi, teh hitam, dan rokok harus Anda masukkan kedalam blacklist daftar menu sehari-hari karena buruk untuk lambung. Sama halnya dengan gorengan dan makanan berlemak cepat saji. Sebaliknya, masukkan lah beberapa menu ini ke dalam menu sehari-hari yaitu air, teh, dan cuka sari apel. Dua liter air perhari adalah takaran yang tepat bagi seluruh orang agar selalu sehat, sementara cuka apel sebaiknya dikonsumsi saat Anda merasa maag akan kambuh, Anda hanya perlu meneguk satu sendok teh saja.

Beberapa buah juga harus dihindari karena mengandung banyak gas dan terlalu banyak serat. Makanan tersebut adalah selada, kubus, nangka, pisang, kedondong, buah-buah kering, dan soft drink. Makanan lain yang sulit dicerna seperti kue, coklat, dan keju tinggi lemak juga harus Anda hindari.

Bagi orang Indonesia ada sebuah makanan yang seharusnya dihindari para penderita maag namun sulit karena sudah menjadi makanan sehari-hari. Yaitu nasi, mie, jagung, singkong manis, dan talas. Makanan tinggi karbohidrat dapat meningkatkan produksi gas dalam lambung sehingga akan membuat maag lebih cepat kambuh

Sumber Foto : http://KumpulanFotoGratis.com/

Share Button