Foto hidung dan mulut seorang pria

Mencabut Bulu Hidung Bisa Menyebabkan Radang Otak

Share Button

Penampilan Anda jadi terganggu karena ada satu atau dua bulu hidung yang terlalu panjang? Wah, jangan langsung malu dan buru-buru mencabutnya ya. Banyak dokter dan ahli kesehatan menyarankan agar Anda tidak sembarangan mencabut bulu hidung, karena berpotensi menimbulkan luka.

Di tiap helai bulu hidung terdapat zat membran mukosa yang berguna untuk mencegah bakteri dan virus masuk ke tubuh. Apabila bulu hidung dicabut, bekas luka ini bisa dimasuki bakteri dan virus dan menyebabkan infeksi. Infeksi ini dapat menyebabkan Anda sakit kepala, dan bahkan apabila tidak diobati dengan cepat dapat menyebabkan radang otak! Wah, bahaya kan.

Bulu hidung sebenarnya adalah alat penyaring udara dari partikel-partikel kecil seperti debu, kuman, dan cairan lainnya. Tanpa adanya bulu hidung, partikel ini akan langsung masuk ke dalam paru-paru dan berbahaya bagi kesehatan Anda. Bakteri dan partikel asing yang sama, dapat masuk ke dalam pembuluh darah bekas tempat bulu hidung berada. Pembuluh darah ini berhubungan langsung dengan otak Anda. Jadi bakteri yang masuk tersebut, otomatis akan langsung mengalir ke otak Anda, inilah penyebab dari radang otak. Hal yang sama juga dapat terjadi apabila Anda mencoba memecahkan jerawat yang letaknya di area sekitar atas bibir.

Sangat tidak disarankan mencabut bulu hidung dengan jari ataupun menggunakan alat pencabut bulu. Sebaiknya Anda menggunakan gunting khusus untuk memotong hanya pada ujung bulu hidung saja. Perlu diperhatikan juga agar tidak ada bagian bulu hidung yang masuk ke dalam saluran pernapasan saat Anda mencukurnya.

 

Sumber foto : http://KumpulanFotoGratis.com/

Share Button