Wanita yang meneteskan air mata

Menangis Baik untuk Kesehatan Tubuh

Share Button

Banyak orang menganggap menangis menunjukan bahwa Anda lemah, namun banyak juga yang mengatakan bahwa dengan menangis tubuh dan pikiran akan jauh lebih rileks. Pernyataan kedua ternyata didukung oleh banyak penelitian, ternyata menangis juga baik untuk kesehatan tubuh.

 1. Melepaskan Stres

Penelitian di Universitas Minesota membuktikan bahwa dengan menangis, tubuh dapat melepas hormon stres atau bahan kimia negatif di tubuh. Hormon stres ini dikeluarkan dari tubuh melalui air mata. Air mata yang keluar saat kita sedang menangis, baik saat menangis karena suatu hal yang sangat membahagiakan atau sangat menyedihkan, mengandung hormon berbasis protein dan hormon adrenocorticotropic. Hormon tersebut biasanya keluar sebagai respons terhadap stres. Itulah kenapa setelah menangis orang cenderung merasa lebih baik. Setelah menangis orang juga cenderung mengambil napas dalam-dalam yang berefek mengurangi stres.

2. Meningkatkan Mood

Studi di Journal of Social and Clinical Psychology menyoroti bagaimana seseorang dapat menangis dan mengapa. Hasilnya, air mata yang keluar saat kita bahagia, terharu, ataupun saat tertawa bisa meningkatkan mood. Teori lain ditemukan bahwa kadar magnesium yang rendah yang terbuang saat menangis akan membuat mood stabil kembali. Apa bila di dalam tubuh terdapat terlalu banyak magnesium atau mangan tubuh akan mudah gelisah dan mendapat gangguan emosi. Karena air mata banyak mengandung kadar magnesium, maka ketika menangis akan mengurangi kadar mangan dan suasana hati jadi positif.

3. Melepaskan Hormon Endorfin

Pernahkah Anda mendengar hormon endorfin? Hormon endorfin adalah hormon yang dikeluarkan tubuh yang bersifat analgesik atau menghilangkan nyeri. Sama halnya saat Anda berolahraga dan tertawa, hormon bahagia endorfin juga bisa keluar saat sedang menangis. Ketika menangis, endorfin yang keluar bisa mengurangi rasa sakit fisik dan mendatangkan perasaan bahagia setelahnya.

4. Membasahi mata

Air mata mengandung lysozyme atau enzim yang dikenal dengan sifat anti-bakteri. Air mata normalnya berfungsi untuk melarutkan atau membawa keluar bakteri yang masuk kedalam mata. Itulah sebabnya saat Anda kelilipan atau terkena asap dan debu mata Anda akan terasa perih dan mata akan berair. Intinya air mata menjaga mata aman dari ancaman lingkungan sekitar.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Saat emosi dalam tubuh meluap melalui tangisan, tubuh akan menjadi rileks dan tenang. Kondisi ini akan menurunkan tekanan darah dan detak jantung Anda. Jika pada saat Anda marah detak jantung Anda akan menjadi sangat cepat, maka dengan menangis denyut nadi dan jantung yang tak beraturan akan kembali seperti semula.

Sudah ada terapi tertawa yang mulai marak komunitasnya di Indonesia. Mungkin beberapa tahun lagi, terapi menangis juga akan muncul dan terkenal untuk menghilangkan stres. Jadi, jika Anda merasa ingin menangis saat mendapat musibah atau saat merasa sangat bahagia, janganlah sungkan untuk menangis.

Tapi bukan berarti Anda menjadi cengeng ya. Karena menangis terlalu sering juga bahaya untuk tubuh karena malah akan menimbulkan kelainan pada sistem saraf dan pikiran Anda.

 

Sumber foto : http://KumpulanFotoGratis.com/

Share Button