cook cutting fish

Memilih Ikan Segar dan Bagus

Share Button

Dengan memilih ikan dalam kondisi baik maka segala nutrisi yang ada pada ikan akan terserap dengan sangat baik di tubuh anda, karena ikan memiliki sumber protein terbaik diantara yang lainnya.

Ciri-ciri Ikan Segar Dalam Kondisi Baik

  1. cook cutting fishIkan yang berkualitas baik memiliki mata yang segar terlihat terang, bening, menonjol, dan cembung. Sebaliknya mata ikan yang tidak segar memiliki mata yang redup, kelabu, dan tenggelam karena tertutup lendir.
  2. Insang ikan segar berwarna merah atau merah tua, terang atau cerah, dan tidak berbau. Ikan dengan kualitas buruk memiliki insang yang kotor, berwarna pucat dan gelap, keabu-abuan dan berlendir, serta berbau busuk.
  3. Lendir ikan segar berwarna cemerlang dan transparan. Lendir ikan busuk berwarna kuning dengan bau tidak sedap, serta neniliki lendir yang mongering dan berwarna putih susu.
  4. Warna kulit ikan segar cerah dan tidak pudar, sementara ikan yang busuk kulitnya berwarna pudar.
  5. Sisik ikan dalam kondisi baik melekat kuat, mengkilat, tertutup lendir jernih, sisik masih utuh, belum banyak yang hilang.. sedangkan sisik ikan yang busuk telah banyak yang lepas dan berwarna pudar lalu lama-lama akan menghilang.

Kondisi ikan yang segar terbebas dari belatung, cacing, dan binatang parasit lainnya, tanpa goresan dan kerusakan pada badan ikan. Sedangkan ikan yang busuk memiliki banyak parasit dan banyak goresan.

Share Button

Republished by Blog Post Promoter