burger dan kentang goreng

Mau Dietmu Sukses

Share Button

Mau Dietmu Sukses? Jauhi Kebiasaan ini!

Mengumpulkan niat untuk memulai diet terasa sulit bagi beberapa orang, perlu ada dorongan dan niat yang kuat agar seseorang mau memulai untuk rutin melakukan diet. Namun, ada hal yang jauh lebih sulit, yaitu untuk tetap berada pada jalur diet yang rutin. Perubahan perilaku dan pola hidup serta kebiasaan lain harus dilakukan agar diet Anda berjalan mulus.

Ada beberapa kebiasaan yang mungkin sepele sebelumnya di mata Anda, namun sangat penting untuk dihentikan agar diet berjalan dengan maksimal.

1. Mengurangi Asupan Karbohidrat Secara Drastis

Kebiasaan ini terjadi pada mereka yang baru memulai diet mereka, biasanya masih pada tahap awal. Pada minggu-minggu pertama, orang yang berniat untuk diet, langsung mengurangi asupan karbohidrat seperti nasi dengan drastis.

Tubuh masih memerlukan karbohidrat untuk menjalani kegiatan sehari-hari. Misalnya sebelum memasuki program diet, Anda mengkonsumsi nasi sebagai sumber karbohidrat tiga kali sehari. Kemudian saat memulai diet Anda langsung memangkas asupan nasi menjadi satu kali sehari saja. Hal ini akan berbahaya karena mengganggu metabolisme tubuh dan malah memicu rasa lapar yang tak tertahankan.

Daripada mengurangi asupan karbohidrat secara drastis, lebih baik Anda mengganti dengan mengonsumsi karbohidrat kompleks seperti dalam ubi, nasi merah, atau produk gandum.

 2. Fast Food

Fast food atau makanan cepat saji mungkin menjadi salah satu menu andalan ketika Anda sedang lapar dan tidak memiliki waktu untuk memasak. Namun kebiasaan itu sebaiknya ditinggalkan ketika Anda sudah memasuki program diet. Nutrisi dalam makanan cepat saji sangatlah buruk, sebenarnya semua makanan instan sudah pasti buruk untuk kesehatan. Termasuk mie instan, teh instan, atau bahkan susu bubuk instan sekalipun.

Sebaiknya jika Anda berencana untuk pergi keluar rumah atau sedang dalam jadwal kerja yang padat, persiapkanlah makanan dari rumah terlebih dahulu. Agar nantinya Anda tidak tergiur dengan restoran cepat saji yang jumlahnya semakin banyak di Indonesia.

 3. Mengonsumsi Minuman Beralkohol

Sedang dalam masa diet ataupun tidak, minuman beralkohol adalah minuman yang paling buruk untuk tubuh. Sedikit informasi bahwa kandungan kedua terbesar yang dimiliki alkohol adalah lemak. Dengan kata lain, mengonsumsi alkohol akan merusak program diet Anda. Apalagi untuk kita yang tinggal di Indonesia, sebenarnya tidak ada alasan untuk mengonsumsi alkohol karena sejatinya alkohol digunakan untuk menghangatkan tubuh saat cuaca dingin.

Beberapa orang mungkin beralasan mengonsumsi alkohol sebagai obat penenang. Faktanya, banyak hal yang jauh lebih sehat yang dapat membuat Anda lebih santai dan tenang. Contohnya adalah rekreasi, pijat, berendam, berenang, pergi ke pantai, dan lain-lain.

 4. Menambahkan Gula ke Dalam Minuman Sehat

Jus, teh, dan kopi adalah beberapa minuman yang bila dikonsumsi sesuai takaran akan mendukung diet Anda. Namun mulut orang Indonesia rasanya kurang pas jika meminum minuman tersebut tanpa gula. Ya, rata-rata orang Indonesia menyukai rasa manis, sehingga penggunaan gula sudah menjadi kebiasaan.

Kebiasaan ini harus dihentikan agar diet Anda mau sukses. Jangan memasukkan gula terlalu banyak ke dalam minuman sehat Anda karena tambahan gula mampu menambah berat badan. Jika ingin minuman tersebut terasa lebih manis, masukkan saja pemanis rendah kalori yang aman bagi diet Anda.

6. Belanja saat Perjalanan Pulang

Inilah kebiasaan yang rasanya paling sulit dihentikan. Mungkin beberapa dari Anda sudah sering melakukan kebiasaan ini sejak kecil, misalnya membeli donut atau kue cubit selepas pulang sekolah sejak kecil. Kebiasaan ini pasti akan berlanjut sampai saat Anda dewasa, mungkin dengan niat membawa oleh-oleh untuk keluarga di rumah Anda pergi ke toko kue atau roti. Namun yang Anda beli justru berlebih karena Anda tidak memiliki daftar belanja yang akan dicari.

Sumber Foto : http://KumpulanFotoGratis.com/

Share Button

Republished by Blog Post Promoter