Wanita yang bangun dari tidur dengan wajar segar

Manfaat yang Didapat dari Tidur Cukup

Share Button

Jika Anda merasa sangat mengantuk bahkan sampai tertidur di tempat kerja atau sekolah, itu berarti Anda tidak mendapat tidur yang cukup pada malam hari. Tidur berkualitas sangat dibutuhkan untuk tubuh terutama untuk memulai hari Anda dan berangkat bekerja. Banyak orang meremehkan manfaat dari tidur dan memilih jalur lain seperti meminum kopi, minuman berenergi, atau memakan makanan yang mengandung banyak gula. Lalu, apa sebenarnya manfaat dari mendapatkan kualitas tidur yang baik? Berikut adalah beberapa manfaat dari menjaga kualitas tidur:

Wanita yang bangun dari tidur dengan wajar segar

Lebih Fokus

Dengan tidur yang cukup, Anda akan meningkatkan kinerja otak Anda pada saat beraktivitas. Hal ini akan membantu Anda lebih fokus terutama saat menghadapi ujian sekolah, presentasi kerja, atau ketika harus bertemu banyak orang pada siang harinya.

Meningkatkan Kebugaran Tubuh

Proses tidur membantu Anda membuat tubuh lebih rileks sehingga rasa capek yang didapat seharian dapat hilang. Tidak hanya itu, tidur cukup bahkan membantu Anda untuk kembali beraktivitas dengan maksimal keesokan harinya. Ada sebuah penelitian yang membuktikan bahwa dengan tidur cukup seseorang mampu berlari lebih cepat, memiliki koordinasi otak dan tubuh yang lebih baik, serta lebih responsif terhadap lingkungan sekitar.

Meningkatkan Kreativitas

Tidur cukup akan meningkatkan kemampuan kognitif seseorang sebesar 35%. Artinya seseorang akan mampu menerima, mempelajari, mengingat dan berpikir tentang suatu informasi dengan lebih baik. Tidak sampai di sana saja, kemampuan verbal seseorang dalam berkata-kata dan berbicara juga akan meningkat apabila dia mendapatkan tidur yang cukup. Itulah sebabnya dengan tidur yang cukup maka kreativitas seseorang akan meningkat.

Tidur Lebih Penting dari Olahraga

Yap, tidur jauh lebih penting daripada berolahraga. Namun bukan berarti Anda dapat tidur terus-menerus tanpa menggerakan badan. Yang harus Anda hindari adalah sengaja meminum kopi yang mengandung kafein atau minuman energi dengan gula yang banyak dengan alasan agar kuat saat berolahraga. Daripada melakukan hal tersebut sebaiknya Anda pergi ke tempat tidur dan tidur yang cukup.

Untuk menjaga agar tidur Anda tetap berkualitas dan nyenyak, hindarilah hal berikut sebelum tidur:

  •  Makan besar
  • Menyalakan gadget dengan cahaya yang terang
  • Merokok
  • Minum alkohol
Share Button