ubi jalar

Manfaat Ubi Jalar bagi Kesehatan

Share Button

Ubi jalar adalah salah satu sumber protein, karbohidrat, dan vitamin B6 yang sudah terkenal di Indonesia. Kandungan B6 ini berfungsi mengurangi homosistein kimia, yang mengarah pada pencegahan serangan jantung.

 

Ubi sudah dimanfaatkan oleh penduduk Afrika sebagai makanan pokok. Sementara oleh penduduk Asia, mereka lebih memanfaatkan daun muda ubi jalar untuk dibuat sayuran. Dalam masa krisis beras eyang melanda Indonesia saat ini, sebenarnya kita dapat beralih ke sumber pangan lain seperti ubi. Namun orang Indonesia telah berasumsi bahwa ubi adalah makanan kampungan, padahal di Jepang ubi rebus dijual dengan harga tinggi yaitu sekitar 400 yen. Berikut adalah beberapa manfaat penting dari ubi :

1. Mencegah Kanker

Ubi memiliki kandungan beta karoten dan vitamin A yang tinggi. Kedua kandungan ini memberi perlindungan pada paru dan mencegah terjadinya kanker paru serta kanker mulut.

2. Mengontrol Gula Darah

Ubi jalar memiliki indeks glikemik yang rendah dan membuat kadar gula darah seseorang tidak akan naik dalam waktu cepat. Jenis karbohidrat ini baik dikonsumsi oleh penderita diabetes dan mereka yang bermasalah dengan insulin.

3. Anti-oksidan

Seperti yang dikatakan sebelumnya, ubi jalar mebgandung karotenoid yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan ini juga berfungsi sebagai anti-aging dan membuat kulit lebih sehat dan tak mudah mengalami penuaan dini.

4. Mencegah Serangan Jantung

Vitamin B6 dalam ubi jalar mengurangi homosistein kimia, yang mengarah pada pencegahan serangan jantung. Kalium dalam ubi juga memiliki fungsi sama, juga menstabilkan tekanan darah.

Sumber Foto : http://KumpulanFotoGratis.com/

Share Button