foto kacang kedelai

Manfaat Susu Kedelai

Share Button

Sejak kecil kita diajarkan bahwa susu adalah salah satu asupan yang penting bagi tubuh. Melalui lagu 4 sehat 5 sempurna semua ibu merasa wajib membelikan anaknya susu agar bisa tumbuh dengan maksimal. Namun, apakah Anda tahu bahwa banyaknya penelitian yang menemukan bahwa susu kacang kedelai mempunyai nutrisi yang hampir setara dengan susu sapi. Ditambah susu kacang kedelai memiliki banyak kelebihan yang tidak dimiliki susu sapi, loh.

Berikut adalah beberapa faktor yang membuktikan bahwa susu kedelai bisa menjadi alternatif pengganti susu sapi sebagai sumber nutrisi bagi anak :

  1. Susu Kedelai Tidak Menyebabkan Diare – Kandungan laktosa atau gula susu pada susu sapi sangatlah tinggi. Hal itu menyebabkan banyak anak yang merasa sakit perut akibat tidak kuatnya lambung mengolah laktosa. Sementara dalam susu kacang kedelai tidak terdapat laktosa, melainkan sukrosa yang aman bagi lambung.
  2. Susu Kedelai Tinggi Akan Protein – Selain itu karena sumbernya berasal dari kacang-kacangan maka susu kedelai juga mengandung serat yang jauh lebih tinggi dari susu sapi.
  3. Kandungan Lemak & Kalori pada Susu Kedelai Lebih Rendah dari pada Susu Sapi – Susu kedelai juga mengandung lemak baik yang lebih besar daripada kandungan lemak jahat.
  4. Susu kedelai mengandung asam-amino lengkap – yang dibutuh kan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.
  5. Susu Kedelai Mengandung Zat seperti Lesitin –  yang berguna mendukung perkembangan sel-sel otak. Serta isoflavon yang berfungsi menurunkan lemak jahat, trigliserida dan total lemak. Isoflavon memiliki fungsi mirip dengan hormon estrogen dan dapat mencegah banyak penyakit kanker, penyakit jantung, dan osteoporosis.
  6. Susu Kedelai Mengandung Thiamin (vitamin B1) Empat Kali Lebih Banyak –  dan hampir dua kali lipat jumlah niasin (vitamin B3) dibandingkan dengan susu sapi. Susu kedelai juga berisi lebih banyak magnesium, tembaga, dan mangan dari susu sapi. Mangan bermanfaat untuk membantu pembentukan tulang dan membantu penderita anemia menyimpan besi dalam tubuh.

 

Sumber foto : http://KumpulanFotoGratis.com/

Share Button