Manfaat Si Buah Berkulit Ular

Share Button

Salak atau yang lebih dikenal dengan snake fruit/snakeskin fruit diluar negeri, tentu terkenal dengan kulitnya yang memang mirip sisik ular dan rasanya yang unik. Rasa dari buah salak mirip campuran antara nanas dan apel membuatnya disebut sebagai salah satu buah eksotik di Jepang, Amerika Serikat, dan Eropa. Buah yang dibudidayakan di Thailand, Malaysia, dan tentunya Indonesia ini bisa dimakan langsung atau diolah terlebih dahulu. Buah dengan nama latin Salacca edulis ini tentunya punya beragam manfaat bagi tubuh, kandungan protein, vitamin C, beta-karoten kalsium, flavonoid, dan saponin adalah yang terbaik yang dimiliki salak.

 

1. Ampuh untuk menu diet

Salak mengandung phytronutrient dapat membantu Anda menjaga nutrisi saat sedang berdiet. Terlebih, kandungan vitamin C, tanin, dan serat dapat mempermudah kelancaran pencernaan, sehingga program diet Anda akan terus terjaga.

 2. Baik untuk Mata

Penelitian terbaru menyebutkan bahwa kandungan beta-karoten dalam salak sangat baik untuk kesehata mata. Kandungan tersebut membuat mata selalu sehat dan sama khasiatnya dengan vitamin A pada wortel. Bagi Anda yang kurang menyukai rasa wortel, Anda bisa coba beralih dengan memakan atau membuah jus salak.

3. Obat diare

Ingat, segala hal yang natural berasal dari alam jauh lebih baik dari obat olahan. Saat Anda terserang diare, cobalah makan setidaknya 20 gram buah salak untuk mengobati sakit akibat diare, kandungan tannin dalam salak mampu mengurangi rasa sakit dalam perut. Selain itu, salak juga mengandung saponin, beta-karoten, flavonoid, dan kalsium yang membuatnya sangat baik untuk lambung.

4. Baik untuk otak

Salak adalah salah satu buah dengan kandungan potasium dan pectin tertinggi. Fakta ini bahkan membuat salak disebut sebagai “Fruit of Memory” atas kemampuannya meningkatkan ingatan seseorang, luar biasa bukan?

5. Mempercantik kulit

Para wanita wajib memakan buah yang satu ini, karena terbukti mampu menjaga kesehatan kulit. Salak dapat mencegah penuaan dini dengan kandungan anti oksidannya, serta vitamin C. Nah, sudah tahu kan manfaat buah eksotis ini. Jika Anda masih belum familiar dengan buah ini, kami menyarankan jenis salak Pondoh dan Salak Bali karena rasanya yang manis dan enak. Selamat mencoba!

Share Button

Republished by Blog Post Promoter