Spice

Manfaat Rasa Pedas

Share Button

Rasa pedas sudah menjadi khas masakan asli Indonesia seperti rendang, pecel, sambal balado, dan lain-lain. Namun, tidak semua orang Indonesia doyan memakan menu pedas ini. Bagi pecinta pedas mungkin sudah merasakan beberapa manfaatnya secara tidak lansung. Namun, bagi pecinta pedas, pasti kalian akan mulai tertarik menambahkan menu dengan rasa pedas ke makanan sehari-hari setelah mengetahui manfaatnya. Perlu diingat juga bahwa pedas tidak selamanya berasal dari cabai, bisa juga dari lada, merica, dan  kunyit..

Zat menimbulkan rasa pedas dari bumbu-bumbu tersebut disebut Capasaicin

1. Mengurangi Resiko Kanker

Penelitian dari Notingham University membuktikan bahwa Capsaicin dalam lada mampu melawan sel kanker pankreas dan kanker paru. Sementara itu kunyit bisa memperlambat perkembangan kanker dan pertumbuhan tumor di dalam tubuh.

2. Menurunkan Berat Badan

Capsaicin yang ada didalam makanan pedas juga mampu membantu program diet Anda. Rasa pedas dan panas dalam tubuh dapat membakar kalori lebih cepat. Capsaicin juga membantu meningkatkan detak jantung. Pembakaran kalori yang lebih cepat selepas menyantap makananlah yang dapat menurunkan berat badan.

3. Melancarkan Pernapasan dan Meredakan Gejala Flu

Bagi penderita gejala flu dan batik seperti tenggorokan gatal, pusing, hidung tersumbat, rasa pedas dalam makanan mampu meringankan gejala tersebut. Jika Anda pernah mendengar ada kandungan ekspektoran dalam obat flu, maka Capsaicin memiliki fungsi yang sama. Gejala flu dan sesak nafas seperti asma, sunustis, bronkitis kronik, dan radang dapat diringankan dengan mengkonsumsi makanan pedas dengan kadar tertentu.

4. Meningkatkan Fungsi Pencernaan

Dari zat yang sama, yaitu kita juga dapat meningkatkan fungsi percernaan. Khasiat antioksidannya dapat menyembuhkan diare akibat infeksi bakteri Hpylori penyebab sakit maag. Sirkulasi darah dalam pencernaan dan meningkatkan lapisan mukus dapat melancarkan percernaan.

5. Anti Insomnia

Makanan pedas membuat Anda cepat tertidur dan lebih nyenyak. Penelitian dari Australia menyatakan mengkonsumsi makanan pedas dengan kadar tertentu dengan teratur akan lebih mudah tidur, tidak hanya itu, pada saat bangun badan juga terasa lebih segar.

Sumber : http://www.sxc.hu

Share Button