sleeping girl

Manfaat Posisi Tidur Miring Ke Sebelah Kanan

Share Button

Tahukah anda bahwa posisi tidur yang benar adalah miring ke sebelah kanan? Lalu beberapa saat kemudian berbalik ke sebelah kiri agar proses pencernaan menjadi lebih cepat. Kemudian berbalik lagi ke arah kanan agar memudahkan makanan larut dalam lambung. Jadi posisi awal tidur sampai akhir bertumpu di sebelah kanan. Ternyata selain dapat memperlancar proses pencernaan, ada beberapa manfaat lain yang didapat dengan tidur miring ke sebelah kanan. Yuk simak apa saja manfaat lainnya…

Memperlancar Pernafasan

sleeping girlTidur miring dapat mencegah lidah jatuh ke belakang dekat dengan tenggorokan yang dapat menyebabkan sulit bernafas, biasanya terjadi jika anda tidur dengan posisi terlentang, hal inilah yang menyebabkan dengkuran saat tidur.

Orang yang sering mendengkur mengakibatkan tubuhnya kekurangan oksigen, malah kadang dapat membuat pernapasan terhenti beberapa detik yang menyebabkan orang tersebut  terbangun secara tiba-tiba dalam keadaan pusing.

Mencegah Kerja Jantung Yang Berlebihan

Tidur dengan posisi miring ke sebelah kanan dapat membuat jantung tidak tertimpa organ lain, karena posisi jantung yang memang berada di sebelah kiri. Apabila tidur di posisi sebelah kiri menyebabkan paru-paru kanan akan berada di atas jantung sehingga kerja jantung akan lebih ekstra karena darah yang masuk ke jantung (atrium) juga akan lebih banyak karena paru-paru kanan mendapat pasokan darah yang banyak dari paru-paru kiri.

Tidak Menekan Paru-Paru Kiri

Paru-paru kiri ukurannya lebih kecil daripada paru-paru kanan. Posisi paru-paru kiri berada lebih ke kiri daripada posisi jantung.  Jika anda tidur di posisi kiri akan menyebabkan jantung menekan paru-paru kiri sehingga kerja paru-paru tidak efektif.

Meluruskan badan ketika tidur juga dapat memperlancar peredaran darah dan organ-organ dalam tidak tertimpa satu sama lain.  Anda juga disarankan untuk menekukkan kaki ke dalam untuk mengendurkan otot-otot perut untuk berelaksasi sehingga tidur akan lebih nyaman.

Hal lain yang tak kalah pentingnya adalah menjadikan telapak tangan sebagai bantal yang menjadikan leher, kepala, dan punggung tercipta satu garis lurus, Leher yang tidak lurus pada saat tidur menyebabkan sakit leher pada saat bangun dari tidur.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya

Sumber Gambar : www.qualitystockphotos.com

Share Button

Republished by Blog Post Promoter