pisang

Manfaat Pisang Bagi Kesehatan

Share Button

Pisang, buah dengan ciri khas warna kuning dan bau yang khas ini sudah terkenal memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk jantung. Buah yang sebenarnya masuk kedalam kategori berry ini memiliki kandungan potasium tinggi, serat, vitamin C, dan vitamin B6 yang baik untuk kesehatan jantung.

1. Baik untuk Jantung

Kandungan potasium dalam pisang berfungsi sebagai pengontrol sistem saraf agar selalu dalam kondisi yang baik. Potasium mampu mengontrol kontraksi otot, mulai dari mengatur ritme tekanan darah dari jantung, pencernaan, pergerakan otot saat olahraga dan lain-lain. Beberapa penelitian menunjukan bahwa kekurangan potasium dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi dan bisa memicu stroke.

Caranya cukup mudah yaitu Anda hanya perlu memakan 2-5 buah pisang per harinya. Namun perlu diperhatikan agar bagi Anda penderita diabetes, sebaiknya menjadikan pisang sebagai pilihan buah terakhir Anda.

2. Baik untuk Ginjal dan Tulang

Lagi-lagi potasium lah yang memiliki peranan penting dari manfaat pisang bagi tubuh. Kandungan tinggi potasium dalam pisang dapat memaksimalkan sistem urine sehingga mencegah batu ginjal. Sama halnya dengan ginjal, kemampuan potasium juga mampu meminimalisir hilangnya kalsium yang diserap tulang dan mencegah osteoporosis.

3. Peningkat Mood atau Sebagai Obat Penenang Ringan

Pisang mengandung triptofan (salah satu dari 20 asam amino penyusun protein yang diperlukan tubuh) dalam jumlah sedang. Triptofan membantu tubuh untuk memproduksi serotonin, yang nantinya akan memberikan efek menenangkan bagi otak.

4. Baik untuk Kesehatan Darah

Seperti sudah disinggung sebelumnya, pisang adalah salah satu sumber vitamin B6 alami terbesar. Vitamin B6 inilah yang berfungsi merubah triptofan menjadi serotonin dan membantu tubuh memproduksi hemoglobin (protein dalam sel darah merah yang mengandung zat besi).

5. Sumber Serat untuk Diet

Satu buah pisang mengandung 16% serat makanan yang dibutuhkan tubuh untuk satu orang dewasa. Serat ini nantinya akan memperlancar sistem pencernaan sehingga baik untuk Anda yang sedang berdiet.

Sumber Foto : http://kumpulanfotogratis.com/

Share Button

Republished by Blog Post Promoter