Bangun Tidur

Manfaat Ngulet atau Menggeliat Setelah Bangun Tidur

Share Button

“Eeuughhh…”

Suara itu pasti sering kan kita keluarkan saat bangun tidur. Sambil tangan ditarik ke atas, meluruskan punggung, dan meregangkan kaki. Bahkan ada yang bilang alasan mereka mengulet adalah untuk mengumpulkan nyawa setelah tidur semalaman penuh. Banyak yang tidak tauh, bahwa kebiasaan kita ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

1. Meregangkan Otot

Perlu diketahui, walau aliran darah tetap mengalir ketika kita tertidur, namun sering kita merasa pegal atau bahkan keram seketika setelah bangun. Menggeliat dapat dijadikan senjata untuk menghindarinya. Secara tidak sadar menggeliat sama halnya dengan melakukan stretching sebelum olah raga, tujuannya juga sama yaitu agar otot tidak kaku. Otot di tangan, kaki, dan punggung semua akan ditarik dan lebih fleksibel.

2. Fleksibilitas Sendi Tulang

Bila seseorang memiliki berat badan berlebih akibat pola makan buruk, pasti pernah merasakan tubuhnya kaku. Menggeliat sebelum tidur dapat mengurangi resiko sendi yang kaku yang kadang terasa sangat sakit.

3. Memperlancar Aliran Darah

Sirkulasi darah dalam tubuh akan lebih lancar ketika kita melakukan peregangan. Sama seperti streching yang tujuannya agar darah mengalir ke semua tubuh sehingga tidak terjadi keram. Efeknya juga akan dirasakan sepanjang hari, dimana tubuh terasa lebih ringan dan lebih mudah beraktivitas.

4. Meninggikan Badan

Ya, menggeliat dapat mengembalikan struktur tulang yang mungkin secara tidak sengaja membungkuk ketika sedang tidur. Walau tidak sesignifikan olahraga, namun banyak yang mempercayainya. Sendi-sendi tulang belakang akan meregang dan melebar sehingga tubuh menjadi sedikit lebih tinggi.

5. Menghilangkan Stres

Ini sepertinya manfaat yang paling dicari bagi orang-orang yang kurang tidur. Stres dan tegang dapat hilang dengan cara menggeliat setelah bangun tidur. Akan lebih baik jika dilanjutkan dengan peregangan otot ringan agar badan benar-benar siap untuk beraktivitas.

 

Sumber foto : http://kumpulanfotogratis.com/

Share Button